Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Siswa Kelas VID SD Negeri 2 Terang-Terang Kabupaten Bulukumba
(1) SD Negeri 2 Terang-Terang Kabupaten Bulukumba
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i3.45487
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Siswa Kelas VID SD Negeri 2 Terang-Terang Kabupaten Bulukumba. Subjek penelitian ini adalah Siswa Kelas VID SD Negeri 2 Terang-Terang Kabupaten Bulukumba 26 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan setelah pemberian tes hasil belajar siswa setiap akhir siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1). Nilai rata-rata hasil belajar Siswa Siswa Kelas VID SD Negeri 2 Terang-Terang Kabupaten Bulukumbapada tes akhir siklus I adalah 63,42 dengan kategori sedang sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II adalah 78,35 dengan kategori tinggi dan (2). Hasil belajar Siswa Siswa Kelas VID SD Negeri 2 Terang-Terang Kabupaten Bulukumbapada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asmawati. 2010. Komparasi Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Tipe NHT dalam Pembelajaran Matriks pada Anak Kelas X SMK Negeri 1 Palangga Gowa. Tesis Tidak Diterbitkan. Universitas Negeri Makassar.
Atik Larasati, F., 2009. Keefektifan Strategi Belajar The Power of Two dalam Meningkatkan Keberhasilan Pembelajaran Aqidah Akhlak Di MTS Darussalam Sukodadi Lamongan. (Online). http://digilab.sunan-ampel.ac.id (20 Maret 2010). Diakses tanggal 22 September 2010.
Djamarah, S.B., dan Zaini, A., 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta Flexter, Tahang. 2010. Membangun Pengetahuan Anak dengan Pembelajaran Kooperatif. (Online). http://myfortuner.wordpress.com/2010/08/12/membangun-pengetahuan-
anak-dengan-pembelajaran-kooperatif/. Diakses tanggal 1 Oktober 2010. Hamalik, O., 2007. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Hasia Marto. 2009. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Realistik pada Pokok Bahasan Pecahan di Kelas V SD. Tesis Tidak Diterbitkan. Universitas Negeri Makassar.
Hudoyo, Herman. 1990. Strategi Belajar Mengajar. IKIP Malang.
Ibrahim, dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA
Lie, Anita. 2004. Cooperative Learning, Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang-
ruang Kelas. Jakarta : Grasindo.
Lukman Najamuddin. 2010. Penerapan Cooperative Learning Model Make a Match: Upaya
Meningkatkan Prestasi Belajar Anak dalam Pengajaran Sejarah. Jurnal Pendidikan Agama Islam. Kendari : Universitas Tadulako. (Online). http://ariesgoblog.files.wordpress.com/2010/01/lukman-n-cooperative-l1.pdf. Diakses 22 September 2010.
Marsuki. 2010. Komparasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kontekstual dengan Model Kooperatif Tipe Jigsaw I dan Tipe Jigsaw II pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok di Kelas VII SMP Negeri 30 Makassar. Tesis Tidak Diterbitkan. Universitas Negeri Makassar.
Mustar. 2010. Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, MAKE A MATCH, dan NHT pada Pendidikan Agama Islam di Kelas VII SMP. Tesis Tidak Diterbitkan. Universitas Negeri Makassar.
Nu’man Mulin. 2008. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berdasarkan Tahap Berpikir Van Hiele. (Online). (mulin-unisma.blogspot.com.html.). Diakses 2 November 2010.
Nurdin. 2007. Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif untuk Menguasai Bahan Ajar. Surabaya: UNESA
Nur Wahidah. 2010. Keefektifan Penerapan Strategi Berpikir, Berbicara dan Menulis (BBM) Setting Kooperatif dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Anak Kelas VII SMP Negeri 13 Makassar. Tesis Tidak Diterbitkan. Universitas Negeri Makassar
Purniati. 2004. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berdasarkan Tahap-tahap Awal Van Hiele dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Anak sekolah Lanjutan Tingkat Pertama. (Online). (http://digilib.upi.edu/pasca/available/etd- 1011106-125904/). Diakses 2 November 2010.
Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Ramadhan, T. 2009. Pembelajaran Kooperatif “Make a Match”. (Online).
http://tarmizi.wordpress.com. Diakses 22 September 2010
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Slavin, Robert E. 2008. Cooperative Learning.Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media Sudirman, 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Rajawali Press. Suharsimi, Arikunto. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta Suherman, Erman. 2001. Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kontemporer.
Bandung: JICA – Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta:
Prestasi Pustaka
.2010. Aktivitas Belajar Pendidikan Agama Islam. (Online) .http://Pendidikan Agama Islammobile.uni.cc/aktivitas-belajar-Pendidikan Agama Islam. Diakses 02 April 2011
Article Metrics
Abstract view : 96 times | PDF view : 20 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Baba Baba
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar
e mail: [email protected]
Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License