Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 1 Sinoa Kabupaten Bantaeng dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe TGT

Suryati Suryati(1*),

(1) SMP Negeri 1 Sinoa Kabupaten Bantaeng
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i3.45486

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 1 Sinoa Kabupaten Bantaeng Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe TGT. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 Sinoa Kabupaten Bantaeng sebanyak 24 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan pemberian tugas mengerjakan soal-soal serta tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1). Tingkat hasil belajar matematika siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 1 Sinoa Kabupaten Bantaeng pada Siklus I setelah diadakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT memperoleh skor rata-rata 64,875 dengan kategori sedang. (2).Tingkat hasil belajar matematika siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 1 Sinoa Kabupaten Bantaeng pada Siklus II setelah diadakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT memperoleh skor rata-rata 76,208 dengan kategori tinggi. dan (3).Tingkat hasil belajar matematika siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 1 Sinoa Kabupaten Bantaeng dengan diadakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe TGT siswa merasa manfaatnya yang besar dengan diadakannya bimbingan kelompok, karena dengan bimbingan kelompok kesulitan-kesulitan belajar yang dialami siswa dengan mudah dapat dipecahkan.


Keywords


Hasil Belajar, Team Game & Tournament, Kooperatif

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu, dkk, 1990. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Amiruddin, 1998. Peningkatan peguasaan Materi Pelajaran Matematika Pada Pokok Bahasan

Trigonometri Melalui Strategi Belajar Tuntas Siswa Kelas I.II SMP Negeri 28

Ujung Pandang. Skripsi FPMIPA IKIP Ujung Pandang.

Djaali,1992. Pengaruh Kemampuan Guru Terhadap Prestasi Belajar Matematika Alumni No.

– 2 Vol. 2, Ujung pandang.

Djamarah, Bakri, Syaiful, 1984. Prestasi Belajar dan Kompetisi guru. Usaha nasional:

surabaya.

Hasibuan, dkk, 1998. Proses Belajar (Keterampilan Dasar Pengajaran Mikro). Remaja Karya

CV : Bandung.

Hudoyo, Herman, 1990. Belajar Mengajar Matematika Dan Faktor-faktor yang

Mempengaruhinya. Dirjen Dikti: Jakarta

Idrus, H., A, 1990. Teknik-teknik Belajar dan Mengajar. Rineka cipta: Jakarta

Mappa, Syamsu, 1997. Apresasi Pendidikan Lingkungan Sosial dan Prestasi Belajar. IKIP

Ujung Pandang: Ujung Pandang

Muhkal, Mappaita, 1997. Pengajaran Remedial Matematika Berdasarkan Hasil Diagnosis

Kesulitan Belajar. IKIP Ujung Pandang.

Nasution, 1995. Didaktik Azas-azas Mengajar. Bumi Aksara: Jakarta.

Rasyid, Arviaty,1990. Pengaruh Instrumen Akademika Terstruktur Dan Mandiri Terhadap Prestasi Belajar Matematika Kelas I.B SMA Negeri I Ujung Pandang. Skripsi FPMIPA IKIP Ujung Pandang.

Slameto,1991. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta: Jakarta.


Article Metrics

Abstract view : 27 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Suryati Suryati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License