Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 1 Sinoa Kabupaten Bantaeng dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe TGT
(1) SMP Negeri 1 Sinoa Kabupaten Bantaeng
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i3.45486
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 1 Sinoa Kabupaten Bantaeng Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe TGT. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA SMP Negeri 1 Sinoa Kabupaten Bantaeng sebanyak 24 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan pemberian tugas mengerjakan soal-soal serta tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1). Tingkat hasil belajar matematika siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 1 Sinoa Kabupaten Bantaeng pada Siklus I setelah diadakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT memperoleh skor rata-rata 64,875 dengan kategori sedang. (2).Tingkat hasil belajar matematika siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 1 Sinoa Kabupaten Bantaeng pada Siklus II setelah diadakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT memperoleh skor rata-rata 76,208 dengan kategori tinggi. dan (3).Tingkat hasil belajar matematika siswa Kelas VIIIA SMP Negeri 1 Sinoa Kabupaten Bantaeng dengan diadakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe TGT siswa merasa manfaatnya yang besar dengan diadakannya bimbingan kelompok, karena dengan bimbingan kelompok kesulitan-kesulitan belajar yang dialami siswa dengan mudah dapat dipecahkan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, Abu, dkk, 1990. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Amiruddin, 1998. Peningkatan peguasaan Materi Pelajaran Matematika Pada Pokok Bahasan
Trigonometri Melalui Strategi Belajar Tuntas Siswa Kelas I.II SMP Negeri 28
Ujung Pandang. Skripsi FPMIPA IKIP Ujung Pandang.
Djaali,1992. Pengaruh Kemampuan Guru Terhadap Prestasi Belajar Matematika Alumni No.
– 2 Vol. 2, Ujung pandang.
Djamarah, Bakri, Syaiful, 1984. Prestasi Belajar dan Kompetisi guru. Usaha nasional:
surabaya.
Hasibuan, dkk, 1998. Proses Belajar (Keterampilan Dasar Pengajaran Mikro). Remaja Karya
CV : Bandung.
Hudoyo, Herman, 1990. Belajar Mengajar Matematika Dan Faktor-faktor yang
Mempengaruhinya. Dirjen Dikti: Jakarta
Idrus, H., A, 1990. Teknik-teknik Belajar dan Mengajar. Rineka cipta: Jakarta
Mappa, Syamsu, 1997. Apresasi Pendidikan Lingkungan Sosial dan Prestasi Belajar. IKIP
Ujung Pandang: Ujung Pandang
Muhkal, Mappaita, 1997. Pengajaran Remedial Matematika Berdasarkan Hasil Diagnosis
Kesulitan Belajar. IKIP Ujung Pandang.
Nasution, 1995. Didaktik Azas-azas Mengajar. Bumi Aksara: Jakarta.
Rasyid, Arviaty,1990. Pengaruh Instrumen Akademika Terstruktur Dan Mandiri Terhadap Prestasi Belajar Matematika Kelas I.B SMA Negeri I Ujung Pandang. Skripsi FPMIPA IKIP Ujung Pandang.
Slameto,1991. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta: Jakarta.
Article Metrics
Abstract view : 27 times | PDF view : 4 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Suryati Suryati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar
e mail: [email protected]
Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License