Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas XIB SLB Negeri 1 Bulukumba Melalui Pembelajaran Kooperatif Dengan Tipe Jigsaw
(1) SLB Negeri 1 Bulukumba
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i3.45484
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas XIB SLB Negeri 1 Bulukumba melalui Pembelajaran Kooperatif dengan Tipe Jigsaw. Subjek penelitian ini adalah Siswa Kelas XIB SLB Negeri 1 Bulukumba sebanyak 16 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan setelah pemberian tes hasil belajar siswa setiap akhir siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1). Nilai rata-rata hasil belajar Siswa Kelas XIB SLB Negeri 1 Bulukumba pada akhir siklus I 55,75 dengan kategori sedang, nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II adalah 70,75 dengan kategori tinggi dan (2). Hasil belajar Siswa Kelas XIB SLB Negeri 1 Bulukumba pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan Prestasi Belajar PKn pada Siswa Kelas XIB SLB Negeri 1 Bulukumba melalui Pembelajaran Kooperatif dengan Tipe Jigsaw.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 1994. Dasar-Dasar Evaluasi. Jakarta: Bumi Aksara.
Alwi, Hasan. 2000. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Handayani. 2003. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran
Kooperatif dengan Pendekatan Jigsaw. Skripsi. Makassar: FMIPA UNM.
Haling. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: FIP UNM.
Hudoyo, Herman. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang:
Universitas Negeri Malang.
Haling, A. 2006. Belajar Pembelajaran. Makassar: Jurusan Kurikulum dan Teknologi
Pendidikan fakultas Ilmu Pendidikan UNM.
Ibrahim, Muslimin. Dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa- University Press. Nur, Muhammad.2000. Pengajaran Berpusat pada Siswa dan Pendekatan Kontstruktivis
Dalam Pengajaran.Surabaya: Unesa-University Press.
Nurhadi. Dkk. 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya Dalam KBK. Malang: IKIP
Malang.
Nurhayati. 2004. Peningkatan Hasil Belajar Biologi Melalui Pembelajaran Kooperatif Metode
STAD. Skripsi. Makassar: FMIPA UNM.
Pasaribu. dkk. 1983. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito.
Parera, Daniel. 1996. Pedoman Kegiatan Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Jakarta:
Grasindo.
Paddupai, Darwing. 1999. Eksponen vol. 1 no. 3. Makassar: FMIPA UNM.
Suharto, Bahar. 1997. Pendidikan dan Tekhnik Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung:
Tarsito.
Suherman, Erman Dkk. 2003. Strategi pembelajaran Matematika kontenporer. Bandung:
Universitas Pendidikan Indonesia.
Sudjatmiko, Ponco. 2004. Matematika Kreatif Konsep dan Terapannya. Solo: Tiga Serangkai.
Article Metrics
Abstract view : 28 times | PDF view : 12 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Sahib Sahib
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar
e mail: [email protected]
Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License