Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas XIB SLB Negeri 1 Bulukumba Melalui Pembelajaran Kooperatif Dengan Tipe Jigsaw

Sahib Sahib(1*),

(1) SLB Negeri 1 Bulukumba
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i3.45484

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas XIB SLB Negeri 1 Bulukumba melalui Pembelajaran Kooperatif dengan Tipe Jigsaw. Subjek penelitian ini adalah Siswa Kelas XIB SLB Negeri 1 Bulukumba sebanyak 16 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan setelah pemberian tes hasil belajar siswa setiap akhir siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1). Nilai rata-rata hasil belajar Siswa Kelas XIB SLB Negeri 1 Bulukumba pada akhir siklus I 55,75 dengan kategori sedang, nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II adalah 70,75 dengan kategori tinggi dan (2). Hasil belajar Siswa Kelas XIB SLB Negeri 1 Bulukumba pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan Prestasi Belajar PKn pada Siswa Kelas XIB SLB Negeri 1 Bulukumba melalui Pembelajaran Kooperatif dengan Tipe Jigsaw.


Keywords


Hasil Belajar PKn, Model Kooperatif, Jigsaw, SLB

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 1994. Dasar-Dasar Evaluasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Alwi, Hasan. 2000. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Handayani. 2003. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran

Kooperatif dengan Pendekatan Jigsaw. Skripsi. Makassar: FMIPA UNM.

Haling. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: FIP UNM.

Hudoyo, Herman. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang:

Universitas Negeri Malang.

Haling, A. 2006. Belajar Pembelajaran. Makassar: Jurusan Kurikulum dan Teknologi

Pendidikan fakultas Ilmu Pendidikan UNM.

Ibrahim, Muslimin. Dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa- University Press. Nur, Muhammad.2000. Pengajaran Berpusat pada Siswa dan Pendekatan Kontstruktivis

Dalam Pengajaran.Surabaya: Unesa-University Press.

Nurhadi. Dkk. 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya Dalam KBK. Malang: IKIP

Malang.

Nurhayati. 2004. Peningkatan Hasil Belajar Biologi Melalui Pembelajaran Kooperatif Metode

STAD. Skripsi. Makassar: FMIPA UNM.

Pasaribu. dkk. 1983. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Tarsito.

Parera, Daniel. 1996. Pedoman Kegiatan Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Jakarta:

Grasindo.

Paddupai, Darwing. 1999. Eksponen vol. 1 no. 3. Makassar: FMIPA UNM.

Suharto, Bahar. 1997. Pendidikan dan Tekhnik Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung:

Tarsito.

Suherman, Erman Dkk. 2003. Strategi pembelajaran Matematika kontenporer. Bandung:

Universitas Pendidikan Indonesia.

Sudjatmiko, Ponco. 2004. Matematika Kreatif Konsep dan Terapannya. Solo: Tiga Serangkai.


Article Metrics

Abstract view : 28 times | PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sahib Sahib

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License