Peningkatan Kinerja Guru Mata Pelajaran dalam Melaksanakan Evaluasi Hasil Belajar Melalui Supervisi Akademik Kepala Sekolah Pada SMP Negeri 3 Pa’jukukang Kabupaten Bantaeng

Muslimin Muslimin(1*),

(1) SMP Negeri 3 Pa’jukukang Kabupaten Bantaeng
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i3.45483

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah yang bertujuan untuk Peningkatan Kinerja Guru Mata Pelajaran dalam Melaksanakan Evaluasi Hasil Belajar melalui Supervisi Akademik Kepala Sekolah pada SMP Negeri 3 Pa’jukukang Kabupaten Bantaeng. Subjek penelitian ini adalah Guru Mata Pelajaran pada SMP Negeri 3 Pa’jukukang Kabupaten Bantaeng sebanyak 15 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Pembinaan Kepala Sekolah dalam upaya meningkatkan kinerja guru mata pelajaran pada SMP Negeri 3 Pa’jukukang Kabupaten Bantaeng melaksanakan evaluasi hasil belajar melalui supervisi Akademik Kepala Sekolah menunjukkan peningkatan pada tiap-tiap putaran (siklus) diperoleh :.(1).Sebelum diberikan pembinaan melalui supervisi Akademik Kepala Sekolah maka memperoleh nilai rata-rata yaitu dari 64,00 % pada siklus I dan 74,70 % pada siklus II, berarti ada kenaikan sebesar 10,70 %, (2).Terjadi peningkatan kinerja setelah selesai diberikan pembinaan melalui supervisi Akademik Kepala Sekolah maka memperoleh nilai rata-rata yaitu dari 74,70 % pada siklus II dan 84,70 % pada siklus III, berarti ada kenaikan sebesar 10,00 %, (3).Kinerja guru meningkat dari setiap siklus, dapat dilihat pada siklus 1 memperoleh nilai rata- rata 64,00 % dan yang tidak tuntas 10 orang atau 66,67 % dan 5 orang yang tuntas atau 33,33% , pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 74,70 % dan yang tidak tuntas 4 orang atau 26,67 % serta yang tuntas 11 orang atau 73,33 %, dan pada siklus III memperoleh nilai rata-rata 84,70 dan yang tuntas 15 orang atau 100,00 % sedangkan yang tidak tuntas 0 orang atau 0,00 %., dan (4). Aktivitas dalam kegiatan pembinaan menunjukkan bahwa seluruh guru dapat meningkatkan kinerjanya dengan baik dalam setiap aspek, utamanya setelah pengawas menunjukkan bahwa kegiatan pembinaan melalui supervisi Akademik bermanfaat dan dapat membantu guru untuk lebih mudah memahami konsep peran dan fungsi guru sehingga kinerja guru dapat meningkat.


Keywords


Kinerja guru , mata pelajaran, evaluasi hasil belajar, supervisi Akademik Kepala Sekolah

Full Text:

PDF

References


Arifin, I. 2000. Profesionalisme Guru: Analisis Wacana Reformasi Pendidikan dan Era Globalisas. Simposium Nasional Pendidikan di Universitas Muhammadiyah Malang, 25-26 Juli 2001.

Arikunto, Suharsini. 2004. Dasar-dasar Supervisi. Jakarta: Rineka Cipta.

.2007. Penelitian Tindakan Kepala Sekolah. Jakarta : PT.Bumi Aksara

Atmowidiro, Soebagio dan Soenarto Tatosiswanto, 1991. Kepemimpinan Kepala Sekolah, Semarang: Adhi Waskitho.

Bafadal Ibrahim, 1979. Supervisi Pengajaran Teori dan Aplikasinya dalam Membina Profesional Guru, Jakarta: Rineka Cipta.

Semiawan, Conny. 1985. Bagaimana Cara Membina Guru Secara Profesional. Jakarta: Journal Pendidikan.

Sergiovani, Cs. 1975. “Beyond Human Relations” Profesional Supervision for Profesional Teachers. Washington DC: Association for supervision and Curiculum Development. 1979. Supercission: Human Prepectives. New York: MeGraw-Hill Book Companya.

Suyanto dan Djihad Hisya. 2000. Refleksi dan Reformasi Pendidikan Indonesia Memasuki Millenium III. Adi Cita. Yogyakarta.

Tilaar, 1987. Futurisme dan Pengambilan Kebijakan Pendidikan Menyongsong Abad-21. Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar Tetap Perencanaan Pendidikan IKIP Jakarta.

Yusuf A. Hasan. 2002. Pedoman Kepala Sekolah Untuk Sekolah dan Sekolah Umum. Mekar Jaya. Jakarta.


Article Metrics

Abstract view : 25 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Muslimin Muslimin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License