Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok B1.1 Di TK Negeri Pembina Ujung Bulu Kabupaten Bulukumba dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe TGT melalui Penerapan Metode Eksperimen

Fitriaty Fitriaty(1*),

(1) TK Negeri Pembina Ujung Bulu
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i3.45482

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok B1.1 di TK Negeri Pembina Ujung Bulu Kabupaten Bulukumba Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe TGT melalui Penerapan Metode Eksperimen. Subjek penelitian ini adalah Anak Kelompok B1.1 di TK Negeri Pembina Ujung Bulu Kabupaten Bulukumba sebanyak 20 Anak. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan pemberian tugas mengerjakan soal-soal serta tes hasil belajar Anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1). Tingkat penguasaan materi ajar Anak Kelompok B1.1 di TK Negeri Pembina Ujung Bulu Kabupaten Bulukumba dengan nilai rata-rata pada siklus I 64,60 dengan kategori sedang dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 76,05 dengan kategori tinggi dan (2). Tingkat kemajuan belajar Anak pada siklus I mengalami peningkatan pada siklus II.Ini menandakan bahwa ada peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Kelompok B1.1 di TK Negeri Pembina Ujung Bulu Kabupaten Bulukumba Dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe TGT melalui Penerapan Metode Eksperimen.


Full Text:

PDF

References


Slavin, Robert, E. (2009). Cooperative Learning (Teori, Riset, & Praktik). Bandung Nusa Media

Hamdayana, Jumanta. 2016. Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Isjoni. (2010). Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Karniati, T. (2013). Pengembangan Kemampuan Berhitung Melalui Model Pembelajaran Kooperatif

Dengan Teknik Team Game Tournament (Tgt) Pada Anak Kelompok B Tk Ngemplak 04 Karangpandan Tahun Pelajaran 2012/2013 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Setianingrum, I., & Azizah, N. (2021). Teams games tournament untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 315-327.

Solikhah, A., Mulyono, H., & Wahyuningsih, S. (2019). Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. Kumara Cendekia, 7(4), 462-474.

Yuliati, Y. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Dalam Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di TK Wiyata Mandala 02 Sidorejo Kebonsari Madiun (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).


Article Metrics

Abstract view : 21 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Fitriaty Fitriaty

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License