Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Menulis Cerpen Pada Siswa Kelas IXA SMP Negeri 1 Sinoa Kabupaten Bantaeng melalui Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan STAD

Faridah Faridah(1*),

(1) SMP Negeri 1 Sinoa Kabupaten Bantaeng
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i3.45481

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini yaitu ‘’Bagaimana cara Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Menulis Cerpen Pada Siswa Kelas IXA SMP Negeri 1 Sinoa Kabupaten Bantaeng Melalui Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan STAD. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Clasroom action research) yang bertujuan Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Menulis Cerpen Pada Siswa Kelas IXA SMP Negeri 1 Sinoa Kabupaten Bantaeng Melalui Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan STAD. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IXA yang diajar oleh peneliti pada tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 27 siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus dengan proses penelitian: a) merecanakan tindakan, b) melasanakan tindakan pada siklus I dan siklus II, c) mengadakan pengamatan selama berlangsungnya pembelajaran pada siklus I dan siklus II, d) mengadakan evaluasi tiap akhir siklus, e) menganalisis data hasil evaluasi dan hasil pengamatan, f) mengadakan refleksi berdasarkan hasil analisis dan tanggapan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) nilai rata-rata kelas yang diperoleh siswa pada tes akhir siklus I adalah 63,70 dan nilai rata-rata pada tes akhir siklus II adalah 76,48 b) Hasil belajar siswa meningkat tiap siklus. Kesimpulan dari hasil penelitian di atas diperoleh bahwa Hasil Belajar Keterampilan Menulis Cerpen Pada Siswa Kelas IXA SMP Negeri 1 Sinoa Kabupaten Bantaeng Melalui Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan STAD.dapat meningkat.


Keywords


Keterampilan Menulis,, Cerpen, Model Kooperatif, Tipe STAD

Full Text:

PDF

References


Elfitriyanti, E. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Pembelajaran Materi Cerpen Kelas IX. 5 MTS Negeri 3 Kota Pekanbaru. LEARNING: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 1(2), 162-169.

Ibrahim, Muhsin, (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press Nurkancana, Wayan (2011). Evaluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional

Sofyati, P., & Maryani, L. (2020). Peningkatan Kemampuan Menganalisis Unsur Intrinsik

Cerpen Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Kelas XI IPS 2

SMA Negeri 22 Bandung. Garda Guru, 2(2), 23-29.

Zaina, L. (2017). Efektivitas Strategi Kooperatif Tipe Stad Dalam Pembelajaran Menulis

Cerpen Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Makassar (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS BOSOWA).


Article Metrics

Abstract view : 91 times | PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Faridah Faridah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: jurnalpinisi01@gmail.com


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License