Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Materi Mengenal Huruf Besar melalui Metode Student Active Learning (SAL) pada Anak Kelompok A1.1 Di TK Negeri Pembina Ujung Bulu Kabupaten Bulukumba

Erma Erma(1*),

(1) TK Pembina Ujung Bulu
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i3.45480

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Mengenal Huruf Besar Melalui Metode Student Active Learning (SAL). Subjek penelitian ini adalah Anak Kelompok A1.1 di TK Negeri Pembina Ujung Bulu Kabupaten Bulukumba sebanyak 30 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Penggunaan Metode Student Active Learning (SAL) dapat meningkatkan hasil belajar Materi Mengenal Huruf Besar Anak Kelompok A1.1 di TK Negeri Pembina Ujung Bulu Kabupaten Bulukumba, sebagai berikut : 1). Nilai rata – rata kondisi awal sebesar 63,5 dengan nilai tertinggi adalah 75 terdapat 3 orang dan nilai terendah adalah 50 terdapat 3 orang dengan ketentusan belajar 60,00% atau 18 orang dan yang tidak tuntas 40,00% atau 12 orang, 2). Nilai rata – rata siklus 1 sebesar 69,00 dengan nilai tertinggi adalah 80 terdapat 3 orang dan nilai terendah adalah 55 terdapat 3 orang dengan ketentusan belajar 80,00% atau 24 orang dan yang tidak tuntas 20% atau 6 orang, 3). Nilai rata – rata siklus II sebesar 76,00 dengan nilai tertinggi adalah 90 terdapat 3 orang dan nilai terendah adalah 60 terdapat 3 orang dengan ketuntasan belajar 90,00% atau 27 orang dan yang tidak tuntas 10,00% atau 3 orang, dan 4). Sebelum diberikan perlakuan pada (siklus I) dan setelah diberikan perlakuan sampai dengan (siklus I) nilai rata-rata 63,50% menjadi 69,00% ada kenaikan sebesar 69,00 - 63,50 = 5,50% dan dari (siklus I) ke (siklus II) juga ada peningkatan sebanyak 76.00% - 69,00% = 7.00%


Keywords


Hasil belajar, Metode Pembelajaran, Student Active Learning

Full Text:

PDF

References


Agustriana, N., Kurniah, N., Alexon, A., Sasongko, R. N., & Kusumah, R. G. T. (2022). Implementation of Edutainment-Based Learning Centers to Improve Children's Interpersonal Intelligence. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4760-4772.

Beattie, V. (2005). Moving the financial accounting research front forward: the UK contribution. The British Accounting Review, 37(1), 85-114.

Mulyani, N., & Wardani, D. S. (2022). PEMBELAJARAN PEMAHAMAN KONSEP DENGAN MENGGUNAKAN METODE SAL (STUDENT ACTIVE LEARNING). COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 5(4), 759-765.

Sukandi, Ujang. 2001. Belajar Aktif. Jakarta : Pusat Penerbitan Universitas Terbuka

Suyatno. 2009. Pembelajaran Kooperatif Tipe Metode Student Active Learning (SAL).

Surakarta: Tiga Serangkai.


Article Metrics

Abstract view : 68 times | PDF view : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Erma Erma

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License