Hubungan Antara Intensitas Pembinaan Perilaku Sosial Anak Di Panti Asuhan Al-Mubaraq Kecamatan Maros

Andi Sri Wayuni Asti(1*), Febriana Ekananda Suras(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v4i1.45437

Abstract


Penelitian ini membahas tentang bangaimana hubungan antara intensitas pembinaan dengan perilaku sosial anak di Panti Asuhan Al-Mubaraq Kelurahan Cempaniga Kecamatan Camba Kabupaten Maros. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana intensitas pembinaan anak terhadap perilaku sosial di Panti Asuhan serta hubungan antara intensitas pembinaan dengan perilaku sosial anak. Berdasarkan permasalahan di atas adapun tujuan penelitian adalah mendeskripsikan hubungan intensitas pembinaan terhadap perilaku sosial anak di Panti Asuhan Al-Mubaraq Kelurahan Cempaniga Kecamatan Camba Kabupaten Maros. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Dalam penelitian ini angket digunakan sebagai metode utama untuk mengungkap data. Mengenai intensitas pembinaan dengan perilaku sosial anak di Panti Asuhan Al-Mubaraq. Data penelitian dianalisis menggunakan rumus korelasi product moment nilai simpangan. Menunjukkan bahwa ada hubungan positif antara intensitas pembinaan dengan perilaku sosial anak di Panti Asuhan. Berdasarkan penelitian ini disarankan agar pembinaan yang ada di Panti Asuhan Al-Mubaraq Kelurahan Cempaniga Kecamatan Camba Kabupaten Maros yang dilakukan oleh pembina panti asuhan sudah cukup baik namun perlu ditingkatkan lagi dengan praktek lapangan atau magang dalam mengembangkan pelatihan tentang agama, fisik dan keterampilan pada anak sesuai dengan tuntutan masa yang akan datang

Keywords


Intensitas Pembinaan, Perilaku sosial, Anak usia dini

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 1993. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rinneka Cipta.

______ . 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Yokyakarta: Rinneka Cipta.

Depertemen Sosial RI. 2005. Petunjuk Pelaksanaan Pelayanan Sosial Anak Terlantar di dalam Panti. Jakarta: Depsos RI.

Hurlock, B. Elizabeth. 1978. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga, Gelora Aksa Pratama.

______ . 1991. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

______ . 1995. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Kartono, Kartini. 1992. Peran Keluarga Memandu Anak. Jakarta: Rajawali Press.

Mangunhardjana, A. M 1986. Pembinaan Arti Dan Metodenya. Yogyakarta: Penerbit Kanissius.

Pamudji, S. 1985, Pembinaan Perkotaan di Indonesia. Jakarta: Bina Aksara

Shochib, M. 2000. Pola Asuh Orang Tua Dalam Membantu Anak Mengembangkan Anak. Jakarta: Rinneka Cipta.

Sarlito, Sarwono Wirawan. 2000. Psikologi Remaja. Jakarta: P.T Grafindo Persada.

Sutrisno, Hadi. 1991. Statistik Jilid II . Yogyakarta: Andi Offset.

Setyawan. 2000. Sang Anak. Semarang: PLS UNNES.

Sinring. Abdullah. dkk. 2012. Pedoman Penulisan Skripsi Program S-1 Fakultas Ilmu Pendidikan UNM. Makassar: FIP UNM

Walgito, Bimo. 2003. Psikologi Sosial (Suatu Pengantar). Yogyakarta: Andi Offset.

Yulia. Singgih D. Gunarsa dan Singgih D. Gunarsa. 2000. Psikologi Untuk Membimbing. Jakarta: BPK Gunung Mulia.

Yusuf, L.N. Syamsu. 2001.. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung : P.T Remaja Rosdakaraya


Article Metrics

Abstract view : 77 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Andi Sri Wayuni Asti, Febriana Ekananda Suras

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: jurnalpinisi01@gmail.com


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License