Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Metode Pemberian Tugas Terstruktur Yerhadap Siswa Kelas II UPTD SD Negeri 103 Barru

Sitti Rahmani(1*),

(1) UPTD SD NEGERI 103 BARRU
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i3.45371

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas II UPTD SD Negeri 103 Barru melalui penerapan metode pemberian tugas terstruktur pada tema hidup rukun. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II UPTD SD Negeri 103 Barru yang berjumlah 20 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Prosedur penelitian setiap siklus berlangsung empat tahap, yaitu: (1) perencanaan,(2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes dan pengamatan melalui lembar observasi terhadap aktivitas belajar siswa. Data yang dikumpulkan dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar matematika meningkat melalui metode pemberian tugas terstruktur pada siswa kelas II UPTD SD Negeri 103 Barru. Hal ini ditunjukkan dengan : (1) meningkatnya rata-rata skor aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran pada Siklus I sebesar 79,38 menjadi 91,88 pada Siklus II, (2) meningkatnya rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 83,47 menjadi 89,20 pada siklus II serta persentase ketuntasan mencapai 100% atau semua siswa kelas II UPTD SD Negeri 103 Barru mencapai kriteria ketuntasan.


Keywords


matematika, pemberian tugas, terstruktur

Full Text:

PDF

References


Agusalim, J. (2012). Pengaruh Metode Ekspositori Disertai Pemberian Kuis Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 22 Makassar (Doctoral dissertation, universitas negeri makassar).

Djamarah, Bahri dkk. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta INOPENDAS: Jurnal Ilmiah

Kependidikan, 4(1).

HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan

Matematika, 3

Sagala, Syaiful. (2005). Konsep dan Makna Pelajaran. Bandung: Alfabeta. Thoifuri. (2007). Menjadi Guru Inisiator. Semarang: RasAIL Media Group.

Media Pendidikan

Legiman, A. (2021). Peningkatan disiplin dan hasil belajar matematika pada pembelajaran tatap

muka masa pandemi covid 19 dengan tugas terstruktur.

Nashruddin, N., & Roslina, R. (2019). Pemberian tugas terstruktur untuk meningkatkan hasil

belajar matematika siswa kelas xi smk.

Matematika, 8

(1), 1-13.

Wahyuddin, W. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran dengan

Pemberian Tugas Terstruktur Disertai Umpan Balik.

(2), 61-74.


Article Metrics

Abstract view : 46 times | PDF view : 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sitti Rahmani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: jurnalpinisi01@gmail.com


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License