Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Tema Organ Tubuh Manusia Dan Hewan melalui Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 103 Barru
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) UPTD SD Negeri 103 barru
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i3.45370
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan minat belajar Pendidikan Jasmani olahraga dan Kesehatan pada tema organ tubuh manusia dan hewan melalui penerapan Pembelajaran Inkuiri terbimbing terhadap siswa kelas V UPTD SD Negeri 103 Barru, (2) mengetahui peningkatan hasil belajar Pendidikan Jasmani olahraga dan Kesehatan pada Tema Organ Tubuh Manusia dan Hewan melalui Penerapan Pembelajaran Inkuiri terbimbing terhadap siswa kelas V UPTD SD Negeri 103 Barru. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 103 Barru pada semester genap Tahun Pelajaran 2020/2021. Indikator keberhasilan penelitian adalah hasil belajar meningkat serta memenuhi kriteria ketuntasan minimal secara klasikal, Tindakan yang dilakukan untuk memperbaiki dan meningkatkan minat belajar siswa dan hasil belajar pada setiap siklus dengan : (1) memberikan motivasi kepada kelompok agar lebih aktif lagi mengikuti setiap kegiatan dalam pembelajaran, (2) melakukan pengelompokan siswa berdasarkan hasil tes hasil belajar dan mengatur letak masing-masing kelompok dalam pembelajaran, dan (3) mengarahkan kepada setiap anggota kelompok yang telah memahami materi pelajaran untuk lebih aktif membimbing anggota kelompok yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran sebagai salah satu keterampilan kooperatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan minat dan hasil belajar Pendidikan Jasmani olahraga dan Kesehatan pada Tema Organ Tubuh Manusia dan Hewan melalui Penerapan Pembelajaran Inkuiri terbimbing terhadap siswa kelas V UPTD SD Negeri 103 Barru.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional. Fauziah, C. R. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Doctoral Dissertation, FKIP UNPAS).
Gulo, W. (2008). Strategi Belajar Mengajar. PT Gerasindo. Jakarta.
Hamalik, Oemar. (2014). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hanafiah, Nanang. (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Utama. Kementrian Pendidikan dan Kebuadayaan Indonesia. (2014). Buku Guru Ilmu Pengetahuan
Alam SMP/MTS Kelas VII. Depdikbud. Jakarta
Markaban. (2006). Model Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Penemuan
Terbimbing. Yogyakarta : Departemen Pendidikan Nasional PPPG Matematika. Roestiyah. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Rusman.(2012). Model – Model Pembelajaran. Depok : PT Rajagrafindo Persada
Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorentasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta:
Kencana Prenada Media Group.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan. Implementasinya dalam
KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.
Uno, Hamzah B. (2009). Teori motivasi dan Pengukurannya (Analisis di Bidang.
Pendidikan). Jakarta : Bumi Aksara
Article Metrics
Abstract view : 38 times | PDF view : 7 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Abdul Hafid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar
e mail: [email protected]
Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License