Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Tema Organ Tubuh Manusia Dan Hewan melalui Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 103 Barru

Yusnadi Yusnadi(1*), Abdul Hafid(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) UPTD SD Negeri 103 barru
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i3.45370

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan minat belajar Pendidikan Jasmani olahraga dan Kesehatan pada tema organ tubuh manusia dan hewan melalui penerapan Pembelajaran Inkuiri terbimbing terhadap siswa kelas V UPTD SD Negeri 103 Barru, (2) mengetahui peningkatan hasil belajar Pendidikan Jasmani olahraga dan Kesehatan pada Tema Organ Tubuh Manusia dan Hewan melalui Penerapan Pembelajaran Inkuiri terbimbing terhadap siswa kelas V UPTD SD Negeri 103 Barru. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 103 Barru pada semester genap Tahun Pelajaran 2020/2021. Indikator keberhasilan penelitian adalah hasil belajar meningkat serta memenuhi kriteria ketuntasan minimal secara klasikal, Tindakan yang dilakukan untuk memperbaiki dan meningkatkan minat belajar siswa dan hasil belajar pada setiap siklus dengan : (1) memberikan motivasi kepada kelompok agar lebih aktif lagi mengikuti setiap kegiatan dalam pembelajaran, (2) melakukan pengelompokan siswa berdasarkan hasil tes hasil belajar dan mengatur letak masing-masing kelompok dalam pembelajaran, dan (3) mengarahkan kepada setiap anggota kelompok yang telah memahami materi pelajaran untuk lebih aktif membimbing anggota kelompok yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran sebagai salah satu keterampilan kooperatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan minat dan hasil belajar Pendidikan Jasmani olahraga dan Kesehatan pada Tema Organ Tubuh Manusia dan Hewan melalui Penerapan Pembelajaran Inkuiri terbimbing terhadap siswa kelas V UPTD SD Negeri 103 Barru.


Keywords


minat, jasmani, kesehatan,manusia, olahraga, hewan

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional. Fauziah, C. R. (2016). Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Doctoral Dissertation, FKIP UNPAS).

Gulo, W. (2008). Strategi Belajar Mengajar. PT Gerasindo. Jakarta.

Hamalik, Oemar. (2014). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hanafiah, Nanang. (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Utama. Kementrian Pendidikan dan Kebuadayaan Indonesia. (2014). Buku Guru Ilmu Pengetahuan

Alam SMP/MTS Kelas VII. Depdikbud. Jakarta

Markaban. (2006). Model Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Penemuan

Terbimbing. Yogyakarta : Departemen Pendidikan Nasional PPPG Matematika. Roestiyah. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Rusman.(2012). Model – Model Pembelajaran. Depok : PT Rajagrafindo Persada

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorentasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta:

Kencana Prenada Media Group.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan. Implementasinya dalam

KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, Hamzah B. (2009). Teori motivasi dan Pengukurannya (Analisis di Bidang.

Pendidikan). Jakarta : Bumi Aksara


Article Metrics

Abstract view : 38 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Abdul Hafid

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License