PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS DESKRIPTIF MELALUI PENERAPAN METODE PQRST PADA SISWA KELAS VII 1 MTsN BALANG-BALANG GOWA

Amiruddin Amirudin(1*),

(1) MtSN Balang-Balang Kabupaten Gowa
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v4i1.44863

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa hal yaitu, pertama kemampuan memahami bacaan berbagai jenis teks merupakan salah satu kompetensi yang harus dicapai setiap peserta didik kelas VII SMP, kemudian hasil Tes Pra siklus yang menunjukkan bahwa jumlah peserta didik yang mampu menuliskan ide gagasan dengan baik sebanyak 7 orang atau sekitar 20% dari 35 orang siswa dan kemampuan anak dalam menjawab pertanyaan inferensial belum menunjukkan hasil yang baik, yaitu tidak ada seorangpun peserta didik yang menjawab dengan benar pertanyaan inferensial yang diberikan. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN Balang Balang Kabupaten Gowa, dengan subjek penelitian kelas VII 1 berjumlah 35 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Pada tiap siklusnya terdiri atas kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dilakukan dengan tabulasi untuk menemukan  frekunsi dan Persentasi, serta menganalisis kecenderungan pola tindakan.  Hasil tindakan berupa persentase siswa yang mampu menceritakan kembali isi gagasan teks deskriptif  secara tertulis mengalami peningkatan dari siklus I sebanyak 25,7 % ke siklus II sebesar 82,7 %, dan  persentase siswa yang mampu menjawab pertanyaan inferensial juga mengalami peningkatan dari siklus I sebanyak 2,9% ke siklus II sebanyak 80 %. 


Full Text:

PDF

References


Arends, Richard I. 2008. Learning to teach (Terjemahan Belajar Untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Brown, Gillian dan George Yule. 1983. Analisis Wacana. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

Budinuryanto, 1997. Strategi Belajar-Mengajar. Jakarta: Depdikbud.

Dekdiknas. 2005. Pembelajaran Apresiasi Sastra. Dirjen Peningkatan Mutu Kependidikan Pusat, Pengembangan Penataran Guru Bahasa. Jakarta.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Harjasujana, A.S. & Damaianti, V.S. 2003. Membaca dalam Teori dan Praktik. Bandung: Mutiara.

Hidayat, Rahayu S. 1997. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta

Ismail, Marahimin. 1994. Menulis Secara Populer. Jakarta: Pustaka Jaya.

Izul, Hasanah. 2010. Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Deskripsi dengan Teknik Objek Langsung (online) (http://agupenajateng.net. 3 Maret 2013).

Kridalaksana, Harimurti. 1985. Tata Bahasa Deskriptif Bahasa Indonesia: Sintaksis. Jakarta: Pusat Pembinaan den Pengembangan Bahasa.

Mulyasa. 2005. Kajian Wacana: Teori, Metode &Aplikasi Prinsip-Prinsip Analisis Wacana. Yogyakarta: Penerbit Tiara Wacana.

Nurhadi, 1987. Membaca Cepat dan Efektif (Teori dan Latihan), Bandung: Sinar Baru

PT. Ayu Widya Astari, I Nym. Yasa, I Nym. Seloka Sudiara, tt., Penggunaan Metode Membaca PQRST untuk Meningkatkan Kemampuan Merangkum Teks Bacaan Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 3 Singaraja, Jurusan Pendidikan Sastra Indonesia Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja Indonesia.

Safari. 1997. Pengujian Dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Jembatan.

Shinigami, Zida (2013) Pengertian dan Contoh Paragraf Deskripsi Terfresh. Kerrozi.blogspot.com/2013/02/pengertian dan contoh paragraf deskripsi diakses pada tanggal 11 Maret 2014.

Slamet, H. Ahmad. 2001. Keterampilan Membaca. Jakarta: Depdiknas.

Slavin, Robert E., 2008. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progesi, Jakarta: Gramedia.

Soedarso. 1990. Reading Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sri Sukaesih, 2014. Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Wacana Nonsastra Berbahasa Jawa dengan Metode PQRST, Jurnal Pogram Studi Pendidikan Bahasa & Sastra Jawa, Universitas Muhammadiyah Ponorogo Vol/04/No 02/Mei 2014

Tampubolon, DP. 1987. Kemampuan Membaca: Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Djago dan Hery Guntur Tarigan. 1990. Teknik Pengajaran Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. 1984. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tindaon, Yosi Abdian. 2012. Tujuan Menulis Karangan Deskripsi. (online) http://yosiabdiantindaon.blogspot.com/2012/11/tujuan-menulis-karangan-deskripsi. html diakses pada tanggal 11 Maret 2014.

Widyamartaya, A. 1992. Seni Membaca Untuk Studi. Yogyakarta: Kanisius.

Yap. 1987. Pengantar Praktis Menggunakan AutoCAD. Surabaya: Usaha Nasional.


Article Metrics

Abstract view : 122 times | PDF view : 28 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Amiruddin Amirudin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License