Penerapan Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris Pada Materi Teks Interaksi Interpersonal Terhadap Peserta Didik Kelas VIII-2 UPTD SMP Negeri 10 Barru

Wahidah Wahidah(1*),

(1) UPTD SMP Negeri 10 Barru
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i3.44648

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas untuk mengertahui (1) Bagaimanakah karaktersitik penerapan pembelajaran kooperatif pada materi teks interaksi interpersonal terhadap peserta didik kelas VIII-2 UPTD SMP Negeri 10 Barru dan (2) Apakah penerapan perangkat pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris peserta didik kelas VIII-2 pada materi teks interaksi interpersonal. Dalam penelitian tindakan kelas ini yang menjadi subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII-2 UPTD SMP Negeri 10 Barru yang berjumlah 28 orang terdiri atas 17 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 tepatnya pada bulan Juli sampai dengan Oktober 2022. Prosedur dalam penelitian ini dibagi menjadi dua siklus  yaitu pada masing-masing siklus terdiri atas: (1) Tahap Perencanaan, (2) tahap pelaksanaan, (3) tahap pengamatan, (4) tahap refleksi. Instrumen yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah: (1) Lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, (2) Lembar pengamatan peserta didik pada pembelajaran kooperatif, dan (3) Tes hasil belajar Bahasa Inggris dengan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil yang diperoleh adalah Penerapan pembelajaran kooperatif telah meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris peserta didik kelas VIII-2 UPTD SMP Negeri 10 Barru pada semester ganjil  tahun pelajaran 2022/2023.


Keywords


Hasil belajar, Bahasa inggris ,Pembelajaran Kooperatif, Teks interpersonal

Full Text:

PDF

References


Agus. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Isjoni. 2010. Penerapan Model Belajar Mengajar Cooperative Learning.

Lie, Anita. 2009. Manfaat Proses Pembelajaran Cooperative.

Nurhadi. 2004. Penerapan Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: UM Press.

Riadi, Muchlisin. 2021. Pembelajaran Kooperatif: Pengertian, Tujuan, Unsur, Karakteristik dan Jenis.

Slavin, Robert E. 2008. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sugiyanto, 2008. Model-model Pembelajaran Kooperatif. Surakarta : Depdikbud

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trianto. 2009. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract view : 33 times | PDF view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Wahidah Wahidah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License