PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI RANTAI MAKANAN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS V SDN 1 KAHUMAN
(1) PGSD Universitas Negeri Makassar
(2) UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v4i1.44422
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran IPA Materi rantai makanan melalui penerapan model pembelajaran problem based learning. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Kahuman. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Penelitian dilaksanakan selama 2 siklus dengan prosedur tahapan pada tiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kritis dan komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi rantai makanan kelas V SDN 1 Kahuman. Adapun bukti dari keberhasilan penelitian yaitu pada tahap observasi awal atau pra siklus diperoleh persentase ketuntasan hasil belajar siswa hanya sebesar 33,33% dan pada siklus I terjadi peningkatan yang signifikan menjadi 66,67%. Kemudian pada Siklus II hasil belajar siswa meningkat mencapai 83,33%.
Full Text:
PDFReferences
Ariyana, Yoki dkk. 2019. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir
Tingkat Tinggi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan
David W. Johnson. 2010. Colaborative Learning: Strategi Pembelajaran Untuk Sukses Bersama. Jakarta: Nusamedia
Gall, W.P., & Bong, W. R. (2003). Educational Research: an Introduction (Seventh Edition). New York: Pearson Education, Inc.
Istarani, 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif (Reverensi Guru Dalam Menentukan Model Pembelajaran) . Medan : Media Persada
Rusman. 2012. Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru. Jakarta: Rajagrafindo persada.
Setyosari, Punaji. 2010. Metode Penelitian Penelitian dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.
Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Iskandar. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Gaung Persada.
Islam, Faisal Miftakhul dkk. 2018. PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPA DALAM TEMA 8 KELAS 4 SD. Jurnal Mitra Pendidikan, 2(7), 1-16.
Sutrisno, Leo,dkk. 2008. Pendidikan IPA Sekolah Dasar. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem pendidikan Nasional.
Setyosari, Punaji. 2010. Metode Penelitian Penelitian dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.
Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Article Metrics
Abstract view : 632 times | PDF view : 140 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 rinna dewi pitriana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar
e mail: [email protected]
Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License