PENGARUH METODE PRAKTIKUM TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK SMP BABUSSALAM

Arniati Demmatakko(1*), Muhammad Arsyad(2), Paribati Palloan(3),

(1) SMP Babussalam Kepulauan Selayar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i3.43551

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (i) mendeskripsikan perbedaan minat belajar IPA peserta didik yang diajar dengan metode praktikum dan diajar dengan metode demonstrasi; (ii) mendeskripsikan perbedaan hasil belajar IPA yang diajar dengan metode praktikum dan diajar dengan metode demonstrasi; (iii)menganalisis pengaruh metode praktikum terhadap minat belajar IPA; (iv)menganalisis pengaruh metode praktikum terhadap hasil belajar IPA. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Babussalam Kepulauan Selayar dengan jumlah sampel 24 orang pada kelas eksperimen dan 24 orang pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis deskriptif didapatkan bahwa: (i) Minat belajar IPA peserta didik yang diajar dengan metode praktikum berada pada kategori tinggi; (ii) hasil belajar IPA peserta didik yang diajar dengan metode praktikum berada pada kategori baik; (iii) minat belajar IPA peserta didik yang diajar dengan metode demonstrasi berada pada kategori cukup; (iv) minat belajar IPA peserta didik yang diajar dengan metode demonstrasi berada pada kategori cukup; (v) minat belajar IPA peserta didik yang diajar dengan metode praktikum lebih tinggi daripada minat belajar IPA peserta didik yang diajar dengan metode demonstrasi; (vi) hasil belajar IPA peserta didik yang diajar dengan metode praktikum lebih tinggi daripada hasil belajar IPA peserta didik yang diajar dengan metode demonstrasi.


Keywords


metode praktikum, minat belajar, hasil belajar.

Full Text:

PDF PDF

References


Arikunto, S., 2018. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3, Jakarta: Bumi Aksara

Aqib, Z., & Murtadlo, A., 2016. Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif, Bandung: CV. Yrama Widya

Aswar,S. 2013. Penyusunan Skala Psikologi, Yogyakarta

Bradley, D., 2005. Practical in Science Education: A Study of the Theoretical Bases, Rationale, and Implementation of Practicals in Junior Secondary Science Education, Perth: Science and Mathematics Education Centre Curtin University of Technology

Karim, A.W., 2017. Pengaruh Model Inkuiri berbasis Lingkungan terhadap Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Fisika pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Pallangga, Makassar: PPS Universitas Negeri Makassar

Kasmawati, A.D., Jamilah, Ainul, U.T., 2021. Pengaruh Metode Praktikum Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan di Kelas XII IPA SMAN 11 Sinjai. Jurnal Al-Ahya, 3, 40 – 51.

Kemdikbud, 2017. Materi Bimbingan Teknis Fasilitator dan Instruktur Kurikulum 2013, Jakarta: Kemdikbud

Klassen, S., 2014, November. The Role of Interest in Learning Science through Stories. Article in Interchange, Faculty of Education, University of Winnipeg, Canada, Agustus 8, 2021. https://www.researchgate.net/publication/277937446

Krapp, A., 2011. Research on Interest in Science: Theories, Methode and Findings. International Journal of Science Education, 33, 27 – 50.

Nadira, 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains Ditinjau Dari Gender Peserta Didik SMA Negeri 1 Majene, Makassar: PPS Universitas Negeri Makassar

Naharuddin, 2020. Pengaruh Metode Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing dan Motivasi Belajar terhadap Pemahaman Konsep IPA Fisika, Makassar: PPS Universitas Negeri Makassar

Prasetyowati, R., 2014. Pembelajaran IPA SMP menurut Kurikulum 2013. Makalah disampaikan pada Kegiatan PPM tentang Penyusunan Model Instrumen Penilaian dan Penskorannya pada Pembelajaran IPA, Universitas Negeri Yogyakarta

Rusman, 2018. Model-Model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme

Guru, Depok : Rajagrafindo Persada

Sardiman, 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar, Jakarta: Rajagrafindo

Persada

Santoso, A. & Misbakhul Munir, 2014. Jurus sang Guru, Surabaya: Kualita Mediatama

Sudjana, N., 2017. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja

Rosdakarya

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta

Slameto, 2018. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi, Jakarta: Rineka Cipta

Sulaeman, A.A., Indrawati, & Noeraida, 2017. Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Susanto, A., 2016. Teori Belajar & Pembelajaran, Jakarta: Prenamedia Group

Susilowati, 2014, Agustus. Penguatan Content Knowledge Keintegrasian Materi IPA SMP Kelas VII untuk Mengatasi Hambatan Guru IPA dalam Implementasi Kurikulum 2013. Makalah disampaikan dalam program Pengabdian pada Masyarakat ( PPM ), Universitas Negeri Yogyakarta.

Tim Program Pasca Sarjana, 2019. Pedoman Penulisan Tugas Akhir Mahapeserta didik, Makassar: Universitas Negeri Makassar

Uno, H.B., 2012. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara


Article Metrics

Abstract view : 123 times | PDF view : 18 times PDF view : 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Arniati Demmatakko

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License