PENGARUH METODE PRAKTIKUM TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK SMP BABUSSALAM
(1) SMP Babussalam Kepulauan Selayar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i3.43551
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (i) mendeskripsikan perbedaan minat belajar IPA peserta didik yang diajar dengan metode praktikum dan diajar dengan metode demonstrasi; (ii) mendeskripsikan perbedaan hasil belajar IPA yang diajar dengan metode praktikum dan diajar dengan metode demonstrasi; (iii)menganalisis pengaruh metode praktikum terhadap minat belajar IPA; (iv)menganalisis pengaruh metode praktikum terhadap hasil belajar IPA. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Babussalam Kepulauan Selayar dengan jumlah sampel 24 orang pada kelas eksperimen dan 24 orang pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis deskriptif didapatkan bahwa: (i) Minat belajar IPA peserta didik yang diajar dengan metode praktikum berada pada kategori tinggi; (ii) hasil belajar IPA peserta didik yang diajar dengan metode praktikum berada pada kategori baik; (iii) minat belajar IPA peserta didik yang diajar dengan metode demonstrasi berada pada kategori cukup; (iv) minat belajar IPA peserta didik yang diajar dengan metode demonstrasi berada pada kategori cukup; (v) minat belajar IPA peserta didik yang diajar dengan metode praktikum lebih tinggi daripada minat belajar IPA peserta didik yang diajar dengan metode demonstrasi; (vi) hasil belajar IPA peserta didik yang diajar dengan metode praktikum lebih tinggi daripada hasil belajar IPA peserta didik yang diajar dengan metode demonstrasi.
Keywords
References
Arikunto, S., 2018. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3, Jakarta: Bumi Aksara
Aqib, Z., & Murtadlo, A., 2016. Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif dan Inovatif, Bandung: CV. Yrama Widya
Aswar,S. 2013. Penyusunan Skala Psikologi, Yogyakarta
Bradley, D., 2005. Practical in Science Education: A Study of the Theoretical Bases, Rationale, and Implementation of Practicals in Junior Secondary Science Education, Perth: Science and Mathematics Education Centre Curtin University of Technology
Karim, A.W., 2017. Pengaruh Model Inkuiri berbasis Lingkungan terhadap Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Fisika pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Pallangga, Makassar: PPS Universitas Negeri Makassar
Kasmawati, A.D., Jamilah, Ainul, U.T., 2021. Pengaruh Metode Praktikum Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Pertumbuhan dan Perkembangan di Kelas XII IPA SMAN 11 Sinjai. Jurnal Al-Ahya, 3, 40 – 51.
Kemdikbud, 2017. Materi Bimbingan Teknis Fasilitator dan Instruktur Kurikulum 2013, Jakarta: Kemdikbud
Klassen, S., 2014, November. The Role of Interest in Learning Science through Stories. Article in Interchange, Faculty of Education, University of Winnipeg, Canada, Agustus 8, 2021. https://www.researchgate.net/publication/277937446
Krapp, A., 2011. Research on Interest in Science: Theories, Methode and Findings. International Journal of Science Education, 33, 27 – 50.
Nadira, 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains Ditinjau Dari Gender Peserta Didik SMA Negeri 1 Majene, Makassar: PPS Universitas Negeri Makassar
Naharuddin, 2020. Pengaruh Metode Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing dan Motivasi Belajar terhadap Pemahaman Konsep IPA Fisika, Makassar: PPS Universitas Negeri Makassar
Prasetyowati, R., 2014. Pembelajaran IPA SMP menurut Kurikulum 2013. Makalah disampaikan pada Kegiatan PPM tentang Penyusunan Model Instrumen Penilaian dan Penskorannya pada Pembelajaran IPA, Universitas Negeri Yogyakarta
Rusman, 2018. Model-Model Pembelajaran, Mengembangkan Profesionalisme
Guru, Depok : Rajagrafindo Persada
Sardiman, 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar, Jakarta: Rajagrafindo
Persada
Santoso, A. & Misbakhul Munir, 2014. Jurus sang Guru, Surabaya: Kualita Mediatama
Sudjana, N., 2017. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja
Rosdakarya
Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta
Slameto, 2018. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi, Jakarta: Rineka Cipta
Sulaeman, A.A., Indrawati, & Noeraida, 2017. Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Susanto, A., 2016. Teori Belajar & Pembelajaran, Jakarta: Prenamedia Group
Susilowati, 2014, Agustus. Penguatan Content Knowledge Keintegrasian Materi IPA SMP Kelas VII untuk Mengatasi Hambatan Guru IPA dalam Implementasi Kurikulum 2013. Makalah disampaikan dalam program Pengabdian pada Masyarakat ( PPM ), Universitas Negeri Yogyakarta.
Tim Program Pasca Sarjana, 2019. Pedoman Penulisan Tugas Akhir Mahapeserta didik, Makassar: Universitas Negeri Makassar
Uno, H.B., 2012. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara
Article Metrics
Abstract view : 123 times | PDF view : 18 times PDF view : 22 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Arniati Demmatakko
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar
e mail: [email protected]
Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License