PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V SDN 223 BALANTANG KABUPATEN LUWU TIMUR

Wildam Mahasari(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i2.39610

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V SDN 223 Balantang Kabupaten Luwu Timur. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu dengan pengambilan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol tidak dilakukan secara random. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent Control Group Design. Desain penelitian ini terdiri dari dua kelompok yang masing-masing diberikan pree angket dan post angket yang kemudian diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan menggunakan model pembelajaran yang tidak menerapkan tipe STAD. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah keseluruhan siswa SDN 223 Balantang Kabupaten Luwu Timur yang berjumlah 275 siswa dan sampel pada penelitian ini menggunakan Teknik Purposive sampling dipilih karena berdasarkan kepentingan dan tujuan penelitian dimana tujuan penelitian ini untuk mengeksperimenkan model pembelajaran yang kaitannya pada minat belajar matematika, Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V A SDN 223 Balantang Kabupaten Luwu Timur dengan jumlah 20 siswa. Kemudian siswa kelas V B SDN 223 Balantang Kabupaten Luwu Timur dengan jumlah 17 siswa. Instrument penelitian yang digunakan adalah pedoman observasi siswa, instrument angket. Teknik analisis data menggunakan Teknik analisis data deskriptif dan analisis statistic inferensial dengan menggunakan uji normalitas data, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan perbedaan yang signifikan Ho ditolak dan Ha diterima, terdapat peningkatan minat belajar siswa setelah diajar menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe STAD pada tarafnya α = 0,05. Dapat disimpulkan terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap minat belajar dan terdapat pengaruh yang signifikan pelaksanaan pembelajaran kontekstual terhadap minat belajar matematika siswa kelas V di SDN 223 Balantang Kabupaten Luwu Timur.

 


Full Text:

PDF

References


Ahmad Susanto. (2013) .Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana.

Elizabeth Hurlock.2010. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Evelin Siregar & Hartini Nara. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: GhaliaIndonesia

Gie. 2015. Cara Belajar Efisien. Yogyakarta : PT. PUBIB.

Hasan, Iqbal. 2002. Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Hudoyo,Herman. 2001. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang : IKIP Malang.

Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstul : Konsep dan Aplikasi. Bandung : PT Refika Adiatama

Maidiyah. 2015. Metode Mengajar. Jakarta : Gramedia.

Muldayanti, N. D. (2013). Pembelajaran biologi model STAD dan TGT ditinjau dari keingintahuan dan minat belajar siswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1).

Rusman, Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru, (Jakarta: Rajawali Pers, 2012), h. 133.

Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press

Slavin, R. E. (2005). Cooperative Learning Teori: Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

. (2010). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Tampubolon, M Saur. 2014. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan

Profesi Pendidik dan keilmuan. Jakarta: Erlangga.

Warsono dan Hariyanto. (2013). Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung:

PT Remaja Rosdakarya.

Yohanes, R. S. (2010). Teori Vygotsky dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Matematika. Universitas Katolik Widya Mandala Madiun. (online)http://portal.widyamandala.ac.id/jurnal/index.php/warta/article/download/107/143( dikunjungi 24 Maret 2014).


Article Metrics

Abstract view : 107 times | PDF view : 29 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 wildan wildan1

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License