MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI MIPA1 SMA NEGERI 2 BULUKUMBA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (Numbered Heads Together)

Syufri Syufri(1*),

(1) SMA Negeri 2 Bulukumba
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i2.39410

Abstract



Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa  Kelas XI MIPA1 SMA Negeri 2 Bulukumba melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MIPA1 SMA Negeri 2 Bulukumba melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together).Subjek penelitian ini adalah Siswa Kelas XI MIPA1 SMA Negeri 2 Bulukumba sebanyak 30 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan setelah pemberian tes hasil belajar siswa setiap akhir siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1). Nilai rata-rata hasil belajar Matematika siswa Kelas XI MIPA1 SMA Negeri 2 Bulukumba setelah dilaksanakan model pembelajaran kooperatif dengan tipe NHT (Numbered Heads Together) pada siklus pertama adalah 58,70 berada dalam kategori sedang dan pada siklus ke kedua  adalah 73,57 berada dalam kategori tinggi (2). Ketuntasan Hasil belajar Siswa Kelas XI MIPA1 SMA Negeri 2 Bulukumba pada siklus I terdapat 21 orang yang berada dalam kategori tidak  tuntas dan 9 siswa yang berada dalam kategori tuntas sedangkan pada siklus II ada 3 siswa berada dalam kategori tidak tuntas dan 27 siswa dalam kategori tuntas, (3) Melalui model pembelajaran kooperatif dengan tipe NHT (Numbered Heads Together) membawa dampak positif terhadap perubahan sikap siswa yaitu siswa menjadi lebih aktif dalam proses belajar mengajar, kerajinan dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan tugas meningkat serta kerja sama antar siswa dapat terbina dengan baik, dan (4) Secara umum dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) dapat meningkatkan hasil belajar siswa


Keywords


Hasil Belajar, Matematika, NHT

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 44 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 syufri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License