MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI MIPA1 SMA NEGERI 2 BULUKUMBA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (Numbered Heads Together)
(1) SMA Negeri 2 Bulukumba
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i2.39410
Abstract
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MIPA1 SMA Negeri 2 Bulukumba melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together). Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MIPA1 SMA Negeri 2 Bulukumba melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together).Subjek penelitian ini adalah Siswa Kelas XI MIPA1 SMA Negeri 2 Bulukumba sebanyak 30 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan setelah pemberian tes hasil belajar siswa setiap akhir siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1). Nilai rata-rata hasil belajar Matematika siswa Kelas XI MIPA1 SMA Negeri 2 Bulukumba setelah dilaksanakan model pembelajaran kooperatif dengan tipe NHT (Numbered Heads Together) pada siklus pertama adalah 58,70 berada dalam kategori sedang dan pada siklus ke kedua adalah 73,57 berada dalam kategori tinggi (2). Ketuntasan Hasil belajar Siswa Kelas XI MIPA1 SMA Negeri 2 Bulukumba pada siklus I terdapat 21 orang yang berada dalam kategori tidak tuntas dan 9 siswa yang berada dalam kategori tuntas sedangkan pada siklus II ada 3 siswa berada dalam kategori tidak tuntas dan 27 siswa dalam kategori tuntas, (3) Melalui model pembelajaran kooperatif dengan tipe NHT (Numbered Heads Together) membawa dampak positif terhadap perubahan sikap siswa yaitu siswa menjadi lebih aktif dalam proses belajar mengajar, kerajinan dan kemampuan siswa dalam menyelesaikan tugas meningkat serta kerja sama antar siswa dapat terbina dengan baik, dan (4) Secara umum dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) dapat meningkatkan hasil belajar siswa
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 44 times | PDF view : 8 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 syufri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar
e mail: [email protected]
Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License