EMBANGAN LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MUATAN PELAJARAN IPA KELAS V SDN 011 TATOA MAMASA
(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makssar
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i2.39226
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kegiatan peserta didik berbasis Problem Based Learning pada muatan pelajaran IPA, serta untuk mengetahui kelayakan lembar kegiatan peserta didik berbasis Problem Based Learning pada muatan pelajaran IPA. Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) menggunakan model ADDIE dengan 5 tahap pengembangan yaitu analisis (Analysis), desain (Design), pengembangan (Develompment), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Instrument penelitian yang di gunakan adalah angket dengan perhitungan menggunakan skala Likert. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh tim ahli dan diimlementasikan pada uji coba guru dan peserta didik untuk memberikan respon terhadap produk yang dikembangkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk lembar kegiatan peserta didik berbasis Problem Based Learning pada muatan pelajaran IPA dapat dinyatakan sangat layak dan mendapatkan respon yang sangat baik untuk dijadikan sebagai salah satu bahan ajar dalam mendukung proses pembelajaran. Hal ini ditunjukkan oleh hasil validasi ahli materi dan ahli perangkat pembelajaran diperoleh dengan kriteria “Sangat Valid”. Penilaian respon guru kelas V SDN 011 serta penilaian respon peserta didik kelas V SDN 011 Tatoa mendapatkan hasil dengan kriteria “Sangat Baik”.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggi, (2016). Pengembangan LKS berbasis PBL pada pembelajaran IPA materi perubahan lingkungan dan pengaruhnya untuk kelas IV SDN Mangunsari Semarang. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Kusumawati, V. V., & Kristin, F. (2021). Meta Analisis Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 7(1), 25–34.
Magdalena, dkk 2020. Analisis Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial.
Mardapi, D. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes Dan Non Tes. Yogyakarta: Mitra Cendekia.
Nofziarni, A., Fitria, Y., & Bentri, A. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning ( PBL ) Terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Besicedu, 3(4), 2016–2024.
Permendikbud Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Pelaksanaan Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar dan Mengengah
Prastowo. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press.
Qistina, M., Alpusari, M., Noviana, E., & Hermita, N. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Mata Pelajaran IPA Kelas IVC SD Negeri 034 Taraibangun Kabupaten Kampar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 160–172.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian, Kuantitatif, dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Widodo, S. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Penyelesaian Masalah Lingkungan Sekitar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(2), 189–204.
Article Metrics
Abstract view : 197 times | PDF view : 48 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Veronika Trivebriana Irawan, Ahmad Syawaluddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar
e mail: jurnalpinisi01@gmail.com
Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License