PENGARUH KOMPETENSI SUPERVISI DAN KEPRIBADIAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SD NEGERI KECAMATAN WOTU KABUPATEN LUWU TIMUR

Roslinda Roslinda(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i2.39223

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui gambaran kinerja guru SD Negeri Se-Kecamatan Wotu Kabupaten Luwu Timur; (2) untuk mengetahui kompetensi supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru SD Negeri Se-Kecamatan Wotu; (3) mengetahui pengaruh kompetensi kepribadian kepala sekolah terhadap kinerja guru SD Negeri Se-Kecamatan Wotu, (4) mengetahui seberapa besar pengaruh kompetensi supervisi dan kepribadian kepala sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru SD Negeri Se-Kecamatan Wotu Kabupaten Luwu Timur Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian “Ex Post Facto”, di mana penelitian ini dilakukan terhadap sesuatu yang telah terjadi tanpa ada usaha sengaja memberikan perlakuan pada variabel yang diteliti. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner/angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, analisis regresi, analisis korelasi dan uji hipotesis (Uji t). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa, (1) kinerja guru SD Negeri Se-Kecamatan Wotu Kabupaten Luwu Timur berdasarkan hasil analisis deskriptif, yaitu berada dalam kategori tinggi; (2) kompetensi supervisi kepala sekolah berpengaruh terhadap kinerja guru SD Negeri Se-Kecamatan Wotu; (3) kompetensi kepribadian kepala sekolah berpengaruh terhadap kinerja guru SD Negeri Se-Kecamatan Wotu, (4) kompetensi supervisi dan kepribadian kepala sekolah secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja guru SD Negeri Se-Kecamatan Wotu Kabupaten Luwu Timur

 


Keywords


komptensi, supervisi, kepribadian

Full Text:

PDF

References


Ayny Maharrayni Fatmawati. (2015). Tesis: “Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru di SMKN Klaten” (Klaten: Universitas Negeri Yogyakarta,

Bafadal, Ibrahim. (2004). Supervisi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Depdiknas. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 18 tahun 2007 Tentang Sertifikasi Bagi Guru Dalam Jabatan dan Kompetensi Guru. Jakarta: Depdiknas.

Dina Rizkiah Hutasuhut (2015). Tesis: “Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Kepribadian, Sosial, Profesionalism, dan Supervisi Kepala Sekolah terhadap Kepuasan dan Kinerja Guru di SMA Negeri 1 Barumun Tengah”. Padang Lawas: Universitas Sumatera Utara

Elizabeth Hurlock. (2008). Child Development. Singapore: McGraw-Hill

George Enock G et al., (2013). An Evaluation of the Principal’s Instructional Supervision on Academic Performance: A Case Of Sameta Primary School Kissi County, Kenya. Journal Of Education And Practice ISSN 2222-1735 (Paper) ISSN 2222-288X (Online) Vol.4, No. 11,

Pristiwaluyo, Triyanto dan Fatimah Ab Hakim. (2018). Pengaruh Kompetensi Kepribadian dan Kompetensi Sosial terhadap Pelaksanaan Supervisi Akademik Pengawas Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pemikiran Ilmiah dan Pendidikan Administrasi Perkantoran, Vol.5, No.2, Januari-Juni 2018, Hal.63-76, p-ISSN: 2407-1765, e-ISSN: 2541-1306.


Article Metrics

Abstract view : 105 times | PDF view : 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Roslinda Roslinda

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License