STRATEGI KOMUNIKASI PUSTAKAWAN DALAM PROMOSI SEBAGAI MEDIA PEMANFAATAN DAN PEMBERDAYAAN PENGGUNA DI UPT PERPUSTAKAAN AMIK LUWUK BANGGAI

Sermia Sermia(1*), Yusri Yusri(2),

(1) Amik Luwu Banggai
(2) Amik Luwu Banggai
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.33513

Abstract


Beberapa alasan penyebab tidak maksimalnya perpustakaan dalam menjalankan tugas dan fungsinya, antara lain: (1) kurangnya pemahaman/pengertian terhadap essensi perpustakaan sebagai infrastruktur dalam menyediakan informasi  (2) pengelola  perpustakaan  Perguruan Tinggi  tidak  optimal  dalam  memberikan  jasa  layanan terutama dalam rangka memenuhi kebutuhan informasi pengguna, (3) kurang terpeliharanya komunikasi antara perpustakaan Perguruan Tinggi dengan masyarakat penggunanya. Untuk meningkatkan pemberdayaan perpustakaan Perguruan Tinggi diperlukan media promosi dengan strategi sebagai berikut: (1) menerbitkan Buku Pedoman Perpustakaan Perguruan Tinggi (2) kontak perorangan (3) menyebarkan brosur (4) penataan kondisi fisik perpustakaan (atmospheric) (5) melaksanakan kegiatan pendidikan pengguna. Kendala dalam kegiatan promosi  perpustakaan  Perguruan Tinggi  meliputi:  (1)  Perpustakaan  kurang  mampu meningkatkan kuantitas dan kualitas layanan. (2)  masyarakat     akademis  belum  memandang  secara  benar terhadap tugas, fungsi dan peranan perpustakaan Perguruan Tinggi. Upaya  mengatasi  kendala-kendala     dalam   promosi       perpustakaan Perguruan Tinggi dilakukan melalui kegiatan: (1) meyakinkan pimpinan Perguruan Tinggi tentang essensi perpustakaan Perguruan Tinggi. (2) meningkatkan citra yang positif tentang perpustakaan (3) menempatkan promosi perpustakaan sebagai salah satu prioritas program perpustakaan.

Keywords


komunikasi , perpustakaan, promosi, media

Full Text:

PDF

References


Bellardo, Trudi & ThomasnJ. Waldhart. 2018. Marketing Product and Service in Academic

Libraries revised edition. Aslib Reader Service.

Kotler, Philip. 2019. Marketing for Non Profit Organization revised edition. Englewood Cliffs. New Yersey : Prentice-Hall

Mahardjo, M. Thaher Shali Sri, 2019. Promosi Perpustakaan Umum Tahap I edisi revisi. Jakarta : Proyek Pengembangan Perpustakaan Depdikbud.

Mucyidin, Ase. 2019. Promosi Perpustakaan edisi revisi. Bandung: Sub Proyek P3T Universitas Padjadjaran.

Rusman. 2018. Perpustakaan Perguruan Tinggi : Antara Fungsi, Problema dan Pemecahannya edisi revisi.Media Pembinaan Pendidikan No.15 Juli 2018.

Sukaesih. 2019. Materi Perkuliahan Pemasaran Jasa Informasi : Suatu Pengantar edisi revisi. Bandung : Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran.

Sulistyo-Basuki. 2019. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Wirawan. 2019. Cara-cara Promosi Perpustakaan Universitas. Lokakarya Penggunaan

Media Teknologi Untuk Promosi Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jakarta : (s.n


Article Metrics

Abstract view : 145 times | PDF view : 38 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sermia Sermia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License