MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN CABANG BOLA VOLI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHERS) SISWA KELAS VIII.B SMP NEGERI 1 LAMURU KABUPATEN BONE

Abdullah Abdullah(1*),

(1) SMP NEGERI 1 LAMURU KABUPATEN BONE
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.33510

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini yaitu ‘’Bagaimana cara Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan cabang Bola Voli Melalui Pembelajaran Kooperatif Dengan tipe NHT (Numbered Head Togethers) Siswa Kelas VIII.B SMP Negeri 1 Lamuru Kabupaten Bone.

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Clasroom action research) yang bertujuan Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan cabang Bola Voli Melalui Pembelajaran Kooperatif Dengan tipe NHT (Numbered Head Togethers) Siswa Kelas VIII.B SMP Negeri 1 Lamuru Kabupaten Bone. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIII.E SMP Negeri 1 Lamuru Kabupaten Bone yang diajar oleh peneliti pada tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 25 siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus dengan proses  penelitian: a) merecanakan tindakan, b) melasanakan tindakan pada siklus I dan siklus II, c) mengadakan pengamatan selama berlangsungnya  pembelajaran pada siklus I dan siklus II, d) mengadakan evaluasi tiap akhir siklus, e) menganalisis data hasil evaluasi dan hasil pengamatan, f) mengadakan refleksi berdasarkan hasil analisis dan tanggapan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) nilai rata-rata kelas yang diperoleh siswa pada tes akhir siklus I adalah 59,40 dengan kategori tinggi dan nilai rata-rata pada tes akhir siklus II adalah 74,60  dengan kategori tinggi b) Hasil belajar siswa  meningkat tiap siklus. Kesimpulan dari hasil penelitian di atas diperoleh bahwa  Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan cabang Bola olilui Pembelajaran Kooperatif Dengan tipe NHT Siswa Kelas VIII.B SMP Negeri 1 Lamuru Kabupaten Bonedapat meningkat

Keywords


hasil belajar, pendidikan jasmani oharaga,

Full Text:

PDF

References


Abdoellah,1996.Dasar-Dasar Pendidikan Jasmani,Jakarta: Derektorat Jendral Pendidikan Tinggi.Departemen Pendididpkan dan Kebudayaan untuk Perguruan Tinggi Sastra Budaya Yogyakarta

Arikunto S, 2010.Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara Jakarta

Gusarmin, 2007.Model-model Pembelajaran, Modul Diktat Profesi Guru. Kendari FKIP UNHAL

Karyatama Tim Penulis,2002. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Untik SLTP Kelas 1 Grafindo Media Pratama Jakarta

Madya S, 2006. Teori dan Praktek penelitian Tindakan Kelas. (Action Research).Alfabeta Bandung

Muhaji, 2006. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk SMU Kelas IX, Erlangga Surabaya.

Nuril Ahmadi, 2007. Panduan Olahraga Bola Voli, Era Pustaka Utama, Solo

Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran. Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grpindo Prasada

Sagala, H. Syaful. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran : Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung : Alfabeta.

Sugeng, B, 2004. Bola Voli,Taktik & Teknik Bermain. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suharsono, 1983. Latihan Bola Voli, Rosda Jaya Putra Jakarta

Surachmad,1986.Pengembangan Pedagogi Olahraga, IKIP Bandung


Article Metrics

Abstract view : 50 times | PDF view : 13 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Abdullah Abdullah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License