MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN CABANG BOLA VOLI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHERS) SISWA KELAS VIII.B SMP NEGERI 1 LAMURU KABUPATEN BONE
(1) SMP NEGERI 1 LAMURU KABUPATEN BONE
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.33510
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu ‘’Bagaimana cara Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan cabang Bola Voli Melalui Pembelajaran Kooperatif Dengan tipe NHT (Numbered Head Togethers) Siswa Kelas VIII.B SMP Negeri 1 Lamuru Kabupaten Bone.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Clasroom action research) yang bertujuan Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan cabang Bola Voli Melalui Pembelajaran Kooperatif Dengan tipe NHT (Numbered Head Togethers) Siswa Kelas VIII.B SMP Negeri 1 Lamuru Kabupaten Bone. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIII.E SMP Negeri 1 Lamuru Kabupaten Bone yang diajar oleh peneliti pada tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 25 siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus dengan proses penelitian: a) merecanakan tindakan, b) melasanakan tindakan pada siklus I dan siklus II, c) mengadakan pengamatan selama berlangsungnya pembelajaran pada siklus I dan siklus II, d) mengadakan evaluasi tiap akhir siklus, e) menganalisis data hasil evaluasi dan hasil pengamatan, f) mengadakan refleksi berdasarkan hasil analisis dan tanggapan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) nilai rata-rata kelas yang diperoleh siswa pada tes akhir siklus I adalah 59,40 dengan kategori tinggi dan nilai rata-rata pada tes akhir siklus II adalah 74,60 dengan kategori tinggi b) Hasil belajar siswa meningkat tiap siklus. Kesimpulan dari hasil penelitian di atas diperoleh bahwa Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan cabang Bola olilui Pembelajaran Kooperatif Dengan tipe NHT Siswa Kelas VIII.B SMP Negeri 1 Lamuru Kabupaten Bonedapat meningkatKeywords
Full Text:
PDFReferences
Abdoellah,1996.Dasar-Dasar Pendidikan Jasmani,Jakarta: Derektorat Jendral Pendidikan Tinggi.Departemen Pendididpkan dan Kebudayaan untuk Perguruan Tinggi Sastra Budaya Yogyakarta
Arikunto S, 2010.Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara Jakarta
Gusarmin, 2007.Model-model Pembelajaran, Modul Diktat Profesi Guru. Kendari FKIP UNHAL
Karyatama Tim Penulis,2002. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Untik SLTP Kelas 1 Grafindo Media Pratama Jakarta
Madya S, 2006. Teori dan Praktek penelitian Tindakan Kelas. (Action Research).Alfabeta Bandung
Muhaji, 2006. Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk SMU Kelas IX, Erlangga Surabaya.
Nuril Ahmadi, 2007. Panduan Olahraga Bola Voli, Era Pustaka Utama, Solo
Rusman, 2010. Model-Model Pembelajaran. Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grpindo Prasada
Sagala, H. Syaful. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran : Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung : Alfabeta.
Sugeng, B, 2004. Bola Voli,Taktik & Teknik Bermain. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Suharsono, 1983. Latihan Bola Voli, Rosda Jaya Putra Jakarta
Surachmad,1986.Pengembangan Pedagogi Olahraga, IKIP Bandung
Article Metrics
Abstract view : 50 times | PDF view : 13 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Abdullah Abdullah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar
e mail: [email protected]
Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License