MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SISWA KELAS VI SD NEGERI 225 ALLU KABUPATEN BULUKUMBA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN STAD

Ramli Ramli(1*),

(1) SD NEGERI 225 ALLU KABUPATEN BULUKUMBA
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.33508

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini yaitu ‘’Bagaimana cara Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas VI SD Negeri 225 Allu Kabupaten Bulukumba Melalui Pembelajaran Kooperatif  Dengan Pendekatan  STAD. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Clasroom action research) yang bertujuan Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas VI SD Negeri 225 Allu Kabupaten Bulukumba Melalui Pembelajaran Kooperatif  Dengan Pendekatan  STAD. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI yang diajar oleh peneliti pada tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 22 siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus dengan proses  penelitian: a) merecanakan tindakan, b) melasanakan tindakan pada siklus I dan siklus II, c) mengadakan pengamatan selama berlangsungnya  pembelajaran pada siklus I dan siklus II, d) mengadakan evaluasi tiap akhir siklus, e) menganalisis data hasil evaluasi dan hasil pengamatan, f) mengadakan refleksi berdasarkan hasil analisis dan tanggapan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: a) nilai rata-rata kelas yang diperoleh siswa pada tes akhir siklus I adalah 63,63 dan nilai rata-rata pada tes akhir siklus II adalah 75,91 b) Hasil belajar siswa  meningkat tiap siklus. Kesimpulan dari hasil penelitian di atas diperoleh bahwa  Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas VI SD Negeri 225 Allu Kabupaten Bulukumba Melalui Pembelajaran Kooperatif  Dengan Pendekatan  STAD.dapat meningkat

Keywords


hasil belajar, kewarganegaraan, pembelajaran stad

Full Text:

PDF

References


Achsin Amir. 1985. Beberapa Metode Belajar Mengajar Metakhir. IKIP Ujungpandang.

Ali Muhamad. 1985. Penelitian Kependidikan Prosedur & Strategi. Bandung. Angkasa.

Daryono, M. 1998. Pengantar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Solo ; Rineka Cipta

Daniel Endang. 2002. Penulisan Karya Ilmiah. Modul. Jakarta. Departeman Pendidikan Nasional.

Depdikbud 1993. Kurikulum Pendidikan Dasar, GBPP Pendidikan Kewarganegaraan Jakarta.

, Petunjuk Pelaksanaan PBM Jakarta : Dirjen Dikdasmen

, Petunjuk Teknis Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jakarta ; Dirjen Dikdasmen

Djamarah, Syaiful Bahri dan Azwan Zair. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Rineka Cipta.

Herman Hudoyo.1990. Strategi Mengajar Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Malang: IKIP Malang.

Mappaita Muhkal. 1994. Hubungan Antara Konsep Diri Pendidikan Kewarganegaraan dan MotivasiBerprestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa-Siswi Kelas I SLTA Negeri di Kotamadya Ujung Pandang. Malang: IKIP Malang.

Muslimin Ibrahim, Fida Rachmadiarti, Muhammad Nur, Ismono. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : UNESA

Nana Sudjana.1989. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru.

Nurkancara, Wayang. 1986. EvaluasiPendidikan. Surabaya : Usaha Nasional.

Oemar Hamalik. 1983. Metode Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsitto.

Perumbuan. 1985. Interaksi Belajar Mengajar. FIP IKIP Ujungpandang.

Purwanto Ngalim.1999. Psikologi Pendidikan. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Sahabuddin. 1994. Kemampuan Mengajar Tamatan IKIP UP Pada Berbagai Jenis dan Jenjang Pendidikan dan keguruan. IKIP Ujung Pandang.

Setiwati Lilis. 2001. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung. Tarsito.

Suharjono, Azis Hoesain dan Suharta. 1995. Pedoman Menulis Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan dan Angka Kredit Pengembangan Profesi Guru. Jakarta. Direktorat Pendidikan Guru Dan Tenaga Teknis Dikbud.

Sukadiyanto. 2002. Pendekatan Sistem dalam Pendidikan. Modul. Jakarta. Departeman Pendidikan Nasional.

Surakhmad Winarno. 1984. Pengantar Interaksi Mengajar Belajar. Bandung. Tersito.

Usman Uzer. 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung. Remaja Rosdakarya.


Article Metrics

Abstract view : 67 times | PDF view : 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ramli Ramli

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: jurnalpinisi01@gmail.com


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License