Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) pada Siswa Kelas VI SD Negeri 281 Sumalaya Kabupaten Bulukumba
(1) SD Negeri 281 Sumalaya Kabupaten Bulukumba
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.33505
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VI SD Negeri 281 Sumalaya Kabupaten Bulukumba melalui penerapan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 281 Sumalaya Kabupaten Bulukumba tahun pelajaran 2018/ 2019 sebanyak 28 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dan lembar observasi siswa. Hasil yang diperoleh dari analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif adalah sebagai berikut: Kehadiran siswa dalam proses belajar mengajar meningkat, hal ini dilihat dari daftar hadir siswa pada setiap pertemuan; perhatian siswa dalam pembahasan materi pelajaran meningkat; keaktifan siswa dalam latihan terkontrol, baik dalam bentuk kelompok ataupun individu; keaktifan siswa dalam mengerjakan tugas mandiri yang telah diberikan; kesungguhan siswa dalam membuat rangkuman pada setiap akhir pertemuan dan menyelesaikan pekerjaan rumahnya (PR). Dari skor hasil belajar yang dicapai siswa terlihat adanya peningkatan yaitu: skor rata-rata hasil belajar matematika siswa pada siklus I skor rata-rata hasil belajar matematika siswa mencapai 62,25 dari skor ideal 100 dan standar deviasi 8,475 demikian pula yang tidak tuntas 16 orang dan yang tuntas 12 orang, setelah dilanjutkan pada siklus II skor rata-rata hasil belajar matematika siswa mencapai 72,21 dari skor ideal 100 dan standar deviasi 8,706 demikian pula yang tidak tuntas 3 orang dan yang tuntas 25 orang. Hal tersebut di atas mengidentifikasikan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VI SD Negeri 281 Sumalaya Kabupaten Bulukumba setelah diadakan penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, M. 1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
Anonim. 2006. Strategi Pembelajaran. (Online). http://www.p3gmatyo.go.id/ download/SMK/StrategiPembelajaran.pdf, diakses 11 November 2006.
Hadis, A. 2006. Psikologi dalam pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Krismanto, A.L. 2003. Beberapa Teknik, Model, dan Strategi Dalam Pembelajaran Matematika. Makalah. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Pusat Pengembangan Penataran Guru (PPPG) Matematika Yogyakarta.
Masnaini. 2003. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Pemberian Kuis Dengan Mencongkak di Awal Setiap Pertemuan Pada Siswa Kelas V SDN 353 Patalabunga. Skripsi FMIPA UNM Makassar.
Purwanto. 2004. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ruseffendi, E.T. 1988. Pengantar Kepada Guru Mengembangkan kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Penerbit “TARSITO” Bandung.
Sobel, M. A. 2003. Mengajar Matematika. Jakarta: Penerbit Erlangga
Sudirman. 2005. Cerdas Aktif Matematika. Jakarta: Ganesa Exact
Suherman, E dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA
Suherman, E. 1992. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Penataran Guru SLTP Setara D-III.
Sukino. 2005. Matematika Untuk SMP Kelas VIII. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Tim PPPG Matematika. 2002. Pembelajaran Matematika Berorientasi Pada PAKEM dan Kontekstual di Sekolah Dasar. Makalah. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Pusat Pengembangan Penataran Guru (PPPG) Matematika Yogyakarta.
Widdiharto, R. 2004. Model-Model Pembelajaran Matematika SMP. Makalah. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan
Pinisi: Journal of Teacher Professional
Menengah Pusat Pengembangan Penataran Guru (PPPG) Matematika Y ogyakarta.
Winataputra, U. 1994. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal
Article Metrics
Abstract view : 116 times | PDF view : 24 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Rahmatiyah Rahmatiyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar
e mail: jurnalpinisi01@gmail.com
Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License