MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKn PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 223 GARANTA KABUPATEN BULUKUMBA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE

Ishak Ishak(1*),

(1) SD NEGERI 223 GARANTA KABUPATEN BULUKUMBA
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v2i3.33504

Abstract


Meningkatkan Prestasi Belajar PKn pada Siswa Kelas VI SD Negeri 223 Garanta Kabupaten Bulukumba melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk Meningkatkan Prestasi Belajar PKn pada Siswa Kelas VI SD Negeri 223 Garanta Kabupaten Bulukumba melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VI SD Negeri 223 Garanta Kabupaten Bulukumba sebanyak 33 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan pemberian tugas mengejakan soal-soal secara berkelompok serta tes hasil belajar siswa Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1). Tingkat penguasaan materi ajar siswa Kelas VI SD Negeri 223 Garanta Kabupaten Bulukumba pada tes akhir siklus I dengan nilai rata-rata pada siklus I 59,41 dengan kategori sedang dan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 71,10 dengan kategori tinggi dan (2). Hasil belajar PKn pada Siswa Kelas VI SD Negeri 223 Garanta Kabupaten Bulukumba pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 1997. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Pinisi: Journal of Teacher Professional

Berg, Euwe Vd. (1991). Miskonsepsi PKn dan Remidi Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.

Hamalik, Oemar. 2002. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Joyce, Bruce dan Weil, Marsh. 1972. Models of Teaching Model. Boston: A Liyn dan Bacon.

Masriyah. 1999. Analisis Butir Tes. Surabaya: Universitas Press.

Mukhlis, Abdul. (Ed). 2000. Penelitian Tindakan Kelas. Makalah Panitia Pelatihan

Penulisan Karya Ilmiah untuk Guru-guru se-Kabupaten Tuban.

Nur, Moh. 2001. Pemotivasian Siswa untuk Belajar. Surabaya. University Press. Universitas Negeri Surabaya.

Soedjadi, dkk. 2000. Pedoman Penulisan dan Ujian Skripsi. Surabaya; Unesa Universitas Press.

Suryosubroto, B. 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineksa Cipta.

Usman, Uzer. 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Widoko. 2002. Metode Pembelajaran Konsep. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.


Article Metrics

Abstract view : 60 times | PDF view : 17 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ishak Ishak

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License