Pengaruh Pendekatan Scientific Terhadap Hasil Belajar dan Sikap Percaya Diri Siswa Kelas 2 SD Muhammadiyah Purwareja

Fahmi Prabawati(1*),

(1) SD Muhammadiyah Purwareja
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i1.29598

Abstract


Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil observasi pada siswa kelas 2 SD Muhammadiyah Purwareja Kecamatan Purwareja Klampok Kabupaten Banjarnegara dalam pembelajaran tematik tema 2 Bermain di Lingkunganku. Diketahui baru 3 dari 6 siswa atau 50% yang tuntas kriteria ketuntasan minimal. Sikap percaya diri siswa belum terlihat saat  proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan sikap percaya diri siswa kelas 2 SD Muhammadiyah Purwareja Kecamatan Purwareja Klampok Kabupaten Banjarnegara. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus melalui pembelajaran luring tatap muka terbatas. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan Scientific. Pada siklus pertama hanya 3 dari 6 siswa atau 50 % siswa mencapai KKM. Pada siklus kedua, 5 dari 6 siswa telah mencapai KKM atau 83% siswa yang mencapai KKM. Sikap percaya diri siswa  sudah terlihat. Berdasarkan penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa pendekatan Scientific dapat meningkatkan hasil belajar dan sikap percaya diri siswa kelas 2 SD Muhammadiyah Purwareja Kecamatan Purwareja Klampok Kabupaten Banjarnegara.

Keywords


Scientific, Hasil Belajar, Sikap Percaya Diri

References


Arifin, Zaenal. 2010. Evaluasi Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Djamarah, S. B. 2010. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi edukatif. Jakarta : PT. Rineka Cipta

Fatimah, Enung. 2010. Psikologi Perkembangan (Psikologi Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia.

Iswidharmanjaya, Derry dan Enterprise, Jubilee. 2014. Satu Hari Menjadi LebihPercaya Diri. Jakarta: Gramedia.

Jihad, Asep dan Haris, Abdul. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mamat, S.B. dkk, 2007. Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran Tematik. Jakarta: Dirjen Kelembagaan Agama Islam

Safari, 2005. Penulisan Butir Soal Berdasarkan Penilaian Berbasis Kompetensi. Jakarta: Apsi Pusat

Setiawan, Pongky. 2014. Siapa Takut Tampil Percaya Diri?. Yogyakarta: Parasmu.

Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rhineka Cipta.

https://www.kajianpustaka.com/2019/05/pengertian-prinsip-dan-langkah-pendekatan-saintifik.html#:~:text=Pendekatan%20saintifik%20%28scientific%20approach%29%20adalah%20model%20pembelajaran%20yang,mengolah%20informasi%20atau%20data%2C%20kemudian%20mengkomunikasikan%20%28Kemendikbud%2C%202014%29


Article Metrics

Abstract view : 14 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fahmi Prabawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License