PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASSED LEARNING SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI RANGKAIAN LISTRIK KELAS VI DI SDN 161 SUKAPURA

Aditya Perdana(1*),

(1) SD Negeri 161 Sukapura
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i1.29032

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan model Problem Based Learning pada muatan pelajaran IPA materi rangkaian listrik. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri 161 Sukapura dengan jumlah 37 orang. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan selama 1 siklus. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian yang ditetapkan untuk hasil belajar siswa adalah 70 untuk skala penilaian 1-100 sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal muatan IPA. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik tema 3 subtema 2 pembelajaran 2 muatan IPA rangkaian listrik. Hal ini dapat terlihat dari hasil belajar yang mengalami peningkatan setiap siklusnya. Rata-rata hasil belajar siswa pada data awal hanya mencapai 16.20%. Setelah diterapkan model Problem Based Learning pada siklus I rata-rata nilai hasil belajar siswa meningkat menjadi 72.9%. Berdasarkan hasil di atas dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Leaarning dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa pada materi rangkaian listrik.


Keywords


ipa, problem bassed learning, sd

Full Text:

PDF

References


Aris shoimin. (2014). Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yokyakarta: AR-ruz media.

Darmodjo, dkk. (1993). Pendidikan IPA II. Jakarta: DEPDIKBU

Djuanda, dkk. (2009). Model Pembelajaran di Sekolah Dasar:Kuliah Kerja Nyata 2009. Sumedang: UPI.

Hermawan, R., Mujono,dan Suherman, A. (2007). Metode Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar. Bandung: UPI PRESS.

Moleong. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Sulaeman. (2009). Sistem Pendidikan Nasional. [Online]. Tersedia:kafeilmu.com/pendidikan nasional.html.[15 Juli 2013]

Wiriaatmadja, Rochiati. 2005. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Article Metrics

Abstract view : 286 times | PDF view : 127 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Aditya Perdana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License