PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING

arry nugraheni(1*),

(1) SD Negeri Janjang Kec. Jiken Kab. Blora
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i1.29013

Abstract


Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil observasi pada siswa kelas V SD Negeri Janjang Kecamatan Jiken Kabupaten Blora.. Dari 19 siswa baru 7 siswa atau sekitar 37% yang mencapai kriteria ketuntasan minimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Janjang Kecamatan Jiken Kabupaten Blora. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Problem Based Learning (PBL). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Berdasarkan penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri  Janjang. Pada siklus pertama 6 dari 10 anak atau 60% siswa mencapai KKM. Pada siklus kedua 9 dari 11 anak atau 82% siswa mencapai KKM.


Keywords


Hasil belajar, Model Problem Based Learning

Full Text:

PDF

References


Ariyana, Yoki., Ari Pudjiastuti, Reisky Bestary, Zamroni. 2018. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Hartono. 2011. Workshop Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Guru Kelas SD. Surakarta : Universitas Sebelas Maret

Masriyah. 1999. Analisis Butir Tes. Surabaya: Universitas Press.

Muhtadi, Ali. 2019. Pembelajaran Inovatif. Jakarta

Munawaroh, Isniatun. 2019. Konsep Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta

Purwanto. 2008. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Satori, Djam’an. 2007. Profesi Keguruan. Jakarta : Universitas Terbuka

Soedjadi, dkk. 2000. Pedoman Penulisan dan Ujian Skripsi. Surabaya; Unesa Universitas Press.

Wardhani, Igak. Kuswaya Wihardit. Noehi Nasoetion. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.


Article Metrics

Abstract view : 87 times | PDF view : 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 arry nugraheni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License