PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING
(1) SD Negeri Janjang Kec. Jiken Kab. Blora
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i1.29013
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil observasi pada siswa kelas V SD Negeri Janjang Kecamatan Jiken Kabupaten Blora.. Dari 19 siswa baru 7 siswa atau sekitar 37% yang mencapai kriteria ketuntasan minimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Janjang Kecamatan Jiken Kabupaten Blora. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Problem Based Learning (PBL). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Berdasarkan penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Janjang. Pada siklus pertama 6 dari 10 anak atau 60% siswa mencapai KKM. Pada siklus kedua 9 dari 11 anak atau 82% siswa mencapai KKM.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ariyana, Yoki., Ari Pudjiastuti, Reisky Bestary, Zamroni. 2018. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Hartono. 2011. Workshop Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Guru Kelas SD. Surakarta : Universitas Sebelas Maret
Masriyah. 1999. Analisis Butir Tes. Surabaya: Universitas Press.
Muhtadi, Ali. 2019. Pembelajaran Inovatif. Jakarta
Munawaroh, Isniatun. 2019. Konsep Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta
Purwanto. 2008. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Belajar.
Satori, Djam’an. 2007. Profesi Keguruan. Jakarta : Universitas Terbuka
Soedjadi, dkk. 2000. Pedoman Penulisan dan Ujian Skripsi. Surabaya; Unesa Universitas Press.
Wardhani, Igak. Kuswaya Wihardit. Noehi Nasoetion. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.
Article Metrics
Abstract view : 87 times | PDF view : 19 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 arry nugraheni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar
e mail: [email protected]
Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License