PENERAPAN MODEL PROBLEM BASIC LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SDN 9 BENTENG

ABDULLAH RF(1*),

(1) UPT SD NEGERI 9 BENTENG
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i1.28987

Abstract


Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan salah satu mata pelajaran yang harus diikuti oleh semua mahasiswa keguruan. Mata pelajaran ini berbeda dengan mata pelajaran mahasiswa pada umumnya yang dilaksanakan di kampus. Mata pelajaran ini dilaksanakan dalam bentuk praktek lapangan sebagaimana kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan oleh para guru secara umum. PPL ini dilaksanakan di UPT SD Negeri 9 Benteng, Kabupaten Sidrap. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Teknik dan prosedur pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah: 1) observasi, 2) tes dan 3)dokumentasi. Temuan hasil penelitian adalah terjadi peningkatan hasil belajar IPA setelah penerapan   model kooperatif tipe Problem Basic Learning di kelas V UPT SD Negeri 9 Benteng Kabupaten Sidrap. Kesimpulan penelitian ini adalah: penerapan model Problem Basic Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang Konduktor dan isolator pada siswa kelas V UPT SD Negeri 9 Benteng Kabupaten Sidrap.


Keywords


Model Pembelajaran Problem Basic Learning (PBL), Hasil Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Asma, Nur. 2006. Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Aunurrahman. 2008. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Sinar Grafika.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Depdiknas.

Ibrahim. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.

Isjoni. 2009. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Moleong, L.J. 2001. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muslich Mansyur. 2007. KTSP, Dasar Pemahaman Dan Pengembangan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Nasution, S. 1989. Didaksi Azas-azas Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Nur. 2003. Pembelajaran Kooperatif Tipe PBL. Makassar: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNM.

Salvin. 2007. Model Pembelajaran PBL. (online), (http://www.google.co.id/gwt).

Sayidiman. 2008. Metode Pembelajaran. Seri Pembelajaran Efektif. Bandung: CV Waca Prima.

Sinring, Abdullah dkk. 2010. Pedoman Penulisan Skripsi Fakultas Ilmu Pendidikan. Makassar: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

UUD RI No. 20. 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: CM. Cemerlang.

Wayan. 2008. Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: Pusat Perbukuan.

Wina. 2007. Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Grasindo.

Wachidi. 2000. Inovasi Kurikulum Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung: Sinar Baru.


Article Metrics

Abstract view : 69 times | PDF view : 25 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 ABDULLAH RF

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License