PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASIC LEARNING (PBL) SISWA KELAS III
(1) UPT SD NEGERI 5 BARANTI
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i1.28968
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Problem Basic Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III UPT SDN 5 Baranti. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini merupakan penelitian kolaborasi, di mana guru bertindak sebagai observer dan peneliti juga sebagai pelaksana pembelajaran. Subjek penelitian adalah siswa kelas III UPT SDN 5 Baranti semester genap 2020/2021 yang berjumlah 15 orang. Objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas III UPT SDN 5 Baranti semester genap 2020/2021 melalui model pembelajaran Problem Basic Learning (PBL). Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi melalui pemberian LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) dan tes hasil belajar siswa yang dilakukan pada akhir pertemuan. Teknik analisis data menggunakan persentase siswa yang tuntas belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Basic Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III UPT SDN 5 Baranti. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan persentase KKM siswa secara klasikal.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2013. Metodologi Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta
Jenkins dan Unwin. 2008. Proses pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Kurnia, U., Rifai, H., & Nurhayati, N. 2015. Efektivitas Penggunaan Gambar pada Brosur dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Kelas Xi SMAN 5 Padang. Pillar of Physic Education. 6 (2).
Mayangsari. 2012. Evaluasi Hasil Belajar. Malang : Madza Publishing.
Ridwan dan Sudiran. 2017. Penelitian Tindakan Kelas Pengembangan Profesi Guru. Tangerang : Tsmart Printing.
Riswati, dkk. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 019 Sekeladi Tanah Putih. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 5 (1), 1-12.
Sabri, Alifus. 2015. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.
Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada
Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Suyono & Hariyanto. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu Konsep Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Article Metrics
Abstract view : 145 times | PDF view : 52 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 NURDIANA DIANA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar
e mail: [email protected]
Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License