PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASIC LEARNING (PBL) SISWA KELAS III

NURDIANA DIANA(1*),

(1) UPT SD NEGERI 5 BARANTI
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i1.28968

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Problem Basic Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III UPT SDN 5 Baranti. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini merupakan penelitian kolaborasi, di mana guru bertindak sebagai observer dan peneliti juga sebagai pelaksana pembelajaran. Subjek penelitian adalah siswa kelas III UPT SDN 5 Baranti semester genap 2020/2021 yang berjumlah 15 orang. Objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas III UPT SDN 5 Baranti semester genap 2020/2021 melalui model pembelajaran Problem Basic Learning (PBL). Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi melalui pemberian LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) dan tes hasil belajar siswa yang dilakukan pada akhir pertemuan. Teknik analisis data menggunakan persentase siswa yang tuntas belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Basic Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III UPT SDN 5 Baranti. Hal ini terbukti dengan adanya peningkatan persentase KKM siswa secara klasikal.


Keywords


Model Pembelajaran Problem Basic Learning (PBL), Hasil Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2013. Metodologi Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta

Jenkins dan Unwin. 2008. Proses pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Kurnia, U., Rifai, H., & Nurhayati, N. 2015. Efektivitas Penggunaan Gambar pada Brosur dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Kelas Xi SMAN 5 Padang. Pillar of Physic Education. 6 (2).

Mayangsari. 2012. Evaluasi Hasil Belajar. Malang : Madza Publishing.

Ridwan dan Sudiran. 2017. Penelitian Tindakan Kelas Pengembangan Profesi Guru. Tangerang : Tsmart Printing.

Riswati, dkk. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 019 Sekeladi Tanah Putih. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 5 (1), 1-12.

Sabri, Alifus. 2015. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Prenada

Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Suyono & Hariyanto. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu Konsep Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract view : 145 times | PDF view : 52 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 NURDIANA DIANA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License