METODE STAD UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS IV TENTANG INDRA PENDENGAR TEMA 1 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1
Dian Murniati
(1*),
(1) SDN Pende 01 Banjarharjo Brebes Jateng
(*) Corresponding Author
DOI:
https://doi.org/10.26858/tpj.v3i1.28916
Abstract
Pada pembelajaran kelas 4 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran terdapat materi pembalajaran tentang indra pendengaran. Pada dasarnya anak kurang didalam memahami materi ini. Apakah memang sangat sulit dalam menghafal atau mengidentifikasi organ – organ pendengaran seperti telinga atau ada faktor yang lain. Dalam upaya perbaikan pembelajaran ini, guru tidak hanya membuat seperangkat pembelajaran saja namun yang lebih penting guru dituntut ketepatan memilih media, bahan ajar, metode dan pemberian motivasi dalam proses pembelajaran. Sehingga diharapkan siswa lebih berhasil dan memahami tujuan dari pada materi pelajaran pada tema 1 subtema 2 pembelajaran 1tersebut. Keberhasilan pembelajaran selain ditentukan oleh faktor siswa dan guru, juga ditentukan oleh faktor indens, bahan pembelajaran, bahan pelajaran dan metode. Pembelajaran dikatakan berhasil apabila siswa-siswa menguasai materi pelajaran, sedangkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran dilihat dari hasil nilai atau evaluasi yang diperoleh siswa. Tujuan pembelajaran pada Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 1 tentang materi indra pendengaran di Sekolah Dasar adalah mengembangkan pengetahuan tentang organ – organ penting yang bermanfaat dan dapat dijaga sebaik mungkin dalam kehidupan sehari-hari, sehingga siswa - siswi mampu menjaga dan mengidentifikasi kegunaan indra pendengar tersebut. Model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) ternyata dapat meningkatkan pemahaman belajar siswa dalam memahami materi mengenal dan mengidentifikasi indra pendengar.
Keywords
STAD, Pemahaman siswa, Indra pendengar
References
Andayani dkk. (2007) . Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta : Universitas Terbuka
Suciati dkk.(2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka
Wardani I.G.A.K, dkk(2004). Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta : Universitas Terbuka
http://kihariyadi.jogja.com/2005/05/25/metode-quantum-teaching.ht
Depdikbud, 1995. Petunjuk Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar Kelas I Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.
Aqil, Zainal. 2007. Model-Model Mengajar. Bandung: CV. Diponegoro
Djumiran, 2009. Profesi Keguruan. Jakarta : Dirjen Dikti Depdiknas
Depdikbud, 1995. Petunjuk Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar Kelas I Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.
Muhtadi, Dr. Ali. (2019). Modul Pembelajaran Inovatif. Jakarta
Article Metrics
Abstract
view : 98 times |
PDF view :
22 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Dian Murniati
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar
e mail: [email protected]
Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License