METODE STAD UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS IV TENTANG INDRA PENDENGAR TEMA 1 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 1

Dian Murniati(1*),

(1) SDN Pende 01 Banjarharjo Brebes Jateng
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i1.28916

Abstract


Pada pembelajaran kelas 4 Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran terdapat materi pembalajaran tentang indra pendengaran. Pada dasarnya anak kurang didalam memahami materi ini. Apakah memang sangat sulit dalam menghafal atau mengidentifikasi organ – organ pendengaran seperti telinga atau ada faktor yang lain.  Dalam upaya perbaikan pembelajaran ini, guru tidak hanya membuat seperangkat pembelajaran saja namun yang lebih penting guru dituntut ketepatan memilih media, bahan ajar, metode dan pemberian motivasi dalam proses pembelajaran. Sehingga diharapkan siswa lebih berhasil dan memahami tujuan dari pada materi pelajaran pada tema 1 subtema 2 pembelajaran 1tersebut. Keberhasilan pembelajaran selain ditentukan oleh faktor siswa dan guru, juga ditentukan oleh faktor indens, bahan pembelajaran, bahan pelajaran dan metode. Pembelajaran dikatakan berhasil apabila siswa-siswa menguasai materi pelajaran, sedangkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran dilihat dari hasil nilai atau evaluasi yang diperoleh siswa. Tujuan pembelajaran pada Tema 1 Subtema 2 Pembelajaran 1 tentang materi indra pendengaran di Sekolah Dasar adalah mengembangkan pengetahuan tentang organ – organ penting yang bermanfaat dan dapat dijaga sebaik mungkin dalam kehidupan sehari-hari, sehingga siswa - siswi mampu menjaga dan mengidentifikasi kegunaan indra pendengar tersebut. Model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) ternyata dapat meningkatkan pemahaman belajar siswa dalam memahami materi mengenal dan mengidentifikasi indra pendengar.

Keywords


STAD, Pemahaman siswa, Indra pendengar

Full Text:

PDF

References


Andayani dkk. (2007) . Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta : Universitas Terbuka

Suciati dkk.(2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universitas Terbuka

Wardani I.G.A.K, dkk(2004). Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta : Universitas Terbuka

http://kihariyadi.jogja.com/2005/05/25/metode-quantum-teaching.ht

Depdikbud, 1995. Petunjuk Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar Kelas I Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.

Aqil, Zainal. 2007. Model-Model Mengajar. Bandung: CV. Diponegoro

Djumiran, 2009. Profesi Keguruan. Jakarta : Dirjen Dikti Depdiknas

Depdikbud, 1995. Petunjuk Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar Kelas I Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.

Muhtadi, Dr. Ali. (2019). Modul Pembelajaran Inovatif. Jakarta


Article Metrics

Abstract view : 98 times | PDF view : 22 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dian Murniati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License