PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI FPB DAN KPK TIGA BILANGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) SISWA KELAS VI UPTD SD 63 BARRU

Ernawati Karim(1*),

(1) UPTD SD NEGERI 63 BARRU
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i1.28883

Abstract


Pendidikan diarahkan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik salah satunya kemampuan berpikir kreatif. Pembelajaran di sekolah masih menekankan pada perubahan kemampuan berpikir pada tingkat dasar, belum memaksimalkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa serta sering menggunakan pembelajaran yang berpusat pada guru daripada pembelajaran yang berpusat pada siswa. Hal ini menyebabkan turunnya kreativitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek atau project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar fisika materi FPB dan KPK tiga Bilangan.

Kondidsi awal menggambarkan bahwa hasi ulangan materi gelombang bunyi dan cahaya dari 30 siswa yang mampu meraih nilai di atas KKM hanya ada 3 siswa atau 30% dengan nilai rata-rata kelas 65,5. Setelah peneliti berma kepala sekolah dan teman sejawat melakukan diskusi untuk melakukan  penelitian tindakan kelas, maka ditentukan model pembelajarannya yaitu Project Based Learning (PjBL) maka pada pelaksanaan pembelajaran memmbuah hasil, ada peningkatan hasil post tes siklus I. Dari 10 siswa ada 5 siswa  atau 50% yang tuntas dengan nilai rata-rata sebesar 70,66. Namun hasil pada siklus I masih belum memberikan dampak yang yang signikan, oleh karena itu peneliti kembali melakukan revisi dari perencanaan dan melaksankan pembelajaran siklus II. Pada siklus II menunjukkan hasil yang sangat memuaskan. Dari 10 siswa semuanya memperoleh nilai di atas KKM atau 100% tuntas dengan nilai rata-rata 86,74  Dengan demikian pelaksanaan penelitian sudah mencapai target yang diharapakn dan dihentikan pada siklus II.


Keywords


Project-Based Learning, Creative Thinking Ability, Mathematics Learning Outcomes

Full Text:

PDF

References


Afifudin. (2013). Penerapan model pembelajaran fisika berbasis proyek untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kreatif siswa SMA. Skripsi: UPI. Tersedia di: http://repository.upi.edu/539/[Diakses 10- 7-2021].

Amanda, N.W.Y., I.W. Subagia, & I.N. Tika. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Self Efficacy Siswa. E-journal Program Pascasarjana Universitas Ganesha Program Studi IPA,4(1):1-10.

Arikunto, S. (2007). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

BSNP. (2014). Panduan Pemanfaatan Hasil UN tahun pelajaran 2013/2014 Untuk Perbaikan Mutu Pendidikan. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan.

Daryanto. (2009). Panduan Proses Pembelajaran Kreaatif & Inovatif. Jakarta: AV Publiser.

Jagantara, I.M.W., P.B Andyana, & N.L.P.M Widiyanti. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Biologi Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa SD. E-journal Program Pascasarjana Universitas Ganesha Program Studi MIPA.

Kuspriyanto, B. & S. Siagian. (2013). Strategi Pembelajaran Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar Matematika Jurnal Teknologi Pendidikan.

Luthvitasari, N., N Made, & S Linuwih. (2012). Imlpementasi Pembelajaran Fisika Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif Dan Kemahiran Generik SAINS. Journal of Innovative Science Education,.

Marlinda. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Kinerja Ilmiah Siswa. Jurnal Penelitian Pascasarjana UNDIKSHA, 2(2):1-22.

Munandar, U. (2012). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Ngalimun. (2014). Strategi dan Moddel Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Rifa’i, A. & C.T. Anni. (2011). Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES.


Article Metrics

Abstract view : 698 times | PDF view : 205 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Ernawati Karim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License