PENINGKATAN BELAJAR IPA BAYANGAN SINAR MELALUI DISCOVERY LEARNING BRUNER SISWA KELAS II SDN TEGALSARI

Agus Tianto(1*),

(1) SDN Tegalsari Surakarta
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i1.28855

Abstract


Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada saat percobaan mencari penemuan – penemuan pada pembelajaran tematik lingkungan sahabat kita melalui Discovery Learning.Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas II SD Negeri Tegalsari  Kota Surakarta Semester II Tahun Pelajaran 2019/2020 sebanyak 37 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Classroom Action Research dengan pola : perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi, revisi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode diskusi, observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I 78,37%, siklus II 89,20%.Kesimpulan dari penelitian ini adalah melaui metode Discovery Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri Tegalsari Kota Surakarta Semester II Tahun Pelajaran 2019/2020 , serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran pada pokok bahasan materi bayang – bayang benda.


Keywords


Peningkatan aktivitas, Model Discovery Learning

Full Text:

PDF

References


Badan Standar Nasional Pendidikan, 2006, Standar Kompetensi Dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia

Drs. Noerhi Basution, M.A, dkk, 2004, Pendidikan IPA Di SD, Jakarta: Universitas Terbuka

Gina Rosalina, dkk, 2016, Jurnal Pena Ilmiah, Bandung : Universitas Pendikan Indonesia

I.G.A.K Wardani, dkk, 2007, Teknik Menulis Karya Ilmiah, Jakarta: Universitars Terbuka

I.G.A.K Wardani, dkk, 2007, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Universitas Terbuka

M. Toha Anggoro, dkk, 2007, Metode Penelitian, Jakarta: Universitas Terbuka

Mia Yuliani, dkk, 2017, Jurnal Bioedukasi, Salatiga : Universitas Kristen Setya Wacana

S. Rositawati 2008, Senang Belajar IPA 2, Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

Sjaeful Anwar, 2008, Mari Belajar IPA 2, Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional

Udin S. Winata Putra, dkk, 2007, Teori Belajar Dan Pembelajaran, Jakarta: Universitas Terbuka


Article Metrics

Abstract view : 137 times | PDF view : 45 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Agus Tianto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License