PENINGKATAN BELAJAR IPA BAYANGAN SINAR MELALUI DISCOVERY LEARNING BRUNER SISWA KELAS II SDN TEGALSARI
(1) SDN Tegalsari Surakarta
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i1.28855
Abstract
Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada saat percobaan mencari penemuan – penemuan pada pembelajaran tematik lingkungan sahabat kita melalui Discovery Learning.Penelitian ini dilakukan kepada siswa kelas II SD Negeri Tegalsari Kota Surakarta Semester II Tahun Pelajaran 2019/2020 sebanyak 37 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Classroom Action Research dengan pola : perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi, revisi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode diskusi, observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu, siklus I 78,37%, siklus II 89,20%.Kesimpulan dari penelitian ini adalah melaui metode Discovery Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas II SD Negeri Tegalsari Kota Surakarta Semester II Tahun Pelajaran 2019/2020 , serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran pada pokok bahasan materi bayang – bayang benda.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Badan Standar Nasional Pendidikan, 2006, Standar Kompetensi Dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia
Drs. Noerhi Basution, M.A, dkk, 2004, Pendidikan IPA Di SD, Jakarta: Universitas Terbuka
Gina Rosalina, dkk, 2016, Jurnal Pena Ilmiah, Bandung : Universitas Pendikan Indonesia
I.G.A.K Wardani, dkk, 2007, Teknik Menulis Karya Ilmiah, Jakarta: Universitars Terbuka
I.G.A.K Wardani, dkk, 2007, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Universitas Terbuka
M. Toha Anggoro, dkk, 2007, Metode Penelitian, Jakarta: Universitas Terbuka
Mia Yuliani, dkk, 2017, Jurnal Bioedukasi, Salatiga : Universitas Kristen Setya Wacana
S. Rositawati 2008, Senang Belajar IPA 2, Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Sjaeful Anwar, 2008, Mari Belajar IPA 2, Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Udin S. Winata Putra, dkk, 2007, Teori Belajar Dan Pembelajaran, Jakarta: Universitas Terbuka
Article Metrics
Abstract view : 137 times | PDF view : 45 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Agus Tianto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar
e mail: [email protected]
Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License