Penerapan PBL Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 70 Barru
(1) UPTD SD NEGERI 70 BARRU
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i1.28852
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan pemahaman dan hasil belajar siswa Kelas IV UPTD SD Negeri 70 Barru terhadap pembelajaran tematik Bahasa Indonesia “Mencermati keterhubungan antar gagasan yang diperoleh dari teks lisan, tulis, atau visual. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 11 orang yang terdiri dari 7 siswa putra dan 4 siswi putri. Adapun model pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan lembar pengamatan dan angket, dilakukan oleh peneliti dan kolabolator.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas IV UPTD SD Negeri 70 Barru. Hal ini ditunjukkan pada siklus I jumlah siswa yang mendapat nilai di atas KKM 70 berjumlah 8 dari 11 orang siswa atau sebesar 72,73%. Pada siklus II jumlah persentase ketuntasan siswa adalah 100% atau tuntas secara keseluruhan. Berdasarkan prestasi belajar tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui Model Problem Based Learning (PBL), dapat meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas IV UPTD SD Negeri 70 Barru Tahun Ajaran 2020/2021.Full Text:
PDFReferences
Anastasia, D A. 2014. Metode Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Profesi Kependidikan. Jurnal Pendidikan Progresif, Vol. VIII, No. 1 April 2014 hal. 29 - 35
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.. Jakarta: Rineka Cipta.
Aqib, Zainal. 2014. Model-model, Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Dimyati., dan Mudjiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT. Rineka Cipta
Djamarah, S. B., dan Zain, A. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Hanifah, N. 2014. Memahami Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Aplikasinya. Bandung: UPI Press.
Huda, M. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Jajah, Umar. 1996. Aspek Perkembangan dan Pengujian Pendidikan. Jakarta: Balitbang.
Kemdikbud, 2016. Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 Tentang Standar Penilaian Pendidikan
Kunandar. 2012. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Pratiwi, Ratna Dwi, Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pecahan Melalui Model Problem Based Learning Di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Randugunting 4 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2013/2014, Semarang: UNNES, 2013
Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-faktor yang Memengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N S. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Susanto, A. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group
Taniredja,T., Faridli, E M., dan Harmianto, S. 2013. Model-model pembelajaran inovatif dan efektif. Bandung: Alfabeta
Article Metrics
Abstract view : 37 times | PDF view : 10 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 asbiah asbiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar
e mail: [email protected]
Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License