Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas I Melalui Penerapan Problem Based Learning
(1) SD NEGERI 2 GAMBIRANOM KISMANTORO
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i1.28831
Abstract
Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang terjadi dalam pembelajaran di kelas I SD Negeri 2 Gambiranom. Pembelajaran selama ini hanya berpusat pada guru dan bersifat monoton, sehingga hasil belajar tidak sesuai harapan. Rumusan masalah diuraikan sebagai berikut: Bagaimana penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas I SD Negeri 2 Gambiranom. Langkah penelitian disesuaikan dengan tahapan pelaksanaan penelitian PTK. Hasil penelitian pada siklus 1 diperoleh data hasil belajar siswa mencapai 60% dari jumlah siswa. Hasil penelitian siklus 2, proses belajar telah mengalami peningkatan dan diperoleh data 70% siswa telah menunjukkan hasil belajar di atas KKM. Peningkatan memuaskan terjadi pada siklus 3 yang menunjukkan data 80% siswa telah menunjukkan hasil belajar di atas KKM. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran yang Problem Based Learning yang diterapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SD Negeri 2 Gambiranom.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Agung, A.A. Gede. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan.
Ahmadi, Abu 1991. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta. Ali, Mohhamad. 2009. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung : PT Imperial Bhakti Utama.
Amir, M. Taufiq. 2009. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Nurhadi, 2004. Pembelajaran Kontekstual (Contextual teaching and Learning/CTL). Malang:Universitas Malang.
Poerwadarminta, W.J.S. 1984. Kamus Umum Bahasa Indonesia. PN Balai Pustaka.
Riedesel, C. A..Scchwart, J.E., dan Clement, D.H. 1996. Teaching Elementry School mathematic. Boston: Allyn and Bacon.
Article Metrics
Abstract view : 47 times | PDF view : 8 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Anis Kristanti Anis Kristanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar
e mail: [email protected]
Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License