Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas I Melalui Penerapan Problem Based Learning

Anis Kristanti Anis Kristanti(1*),

(1) SD NEGERI 2 GAMBIRANOM KISMANTORO
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i1.28831

Abstract


Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang terjadi dalam pembelajaran di kelas I SD Negeri 2 Gambiranom. Pembelajaran selama ini hanya berpusat pada guru dan bersifat monoton, sehingga hasil belajar tidak sesuai harapan. Rumusan  masalah diuraikan sebagai berikut: Bagaimana penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas I SD Negeri 2 Gambiranom. Langkah penelitian disesuaikan dengan tahapan pelaksanaan penelitian PTK. Hasil  penelitian pada siklus 1  diperoleh data hasil belajar siswa mencapai 60% dari jumlah siswa. Hasil penelitian siklus 2, proses belajar telah mengalami peningkatan dan diperoleh data 70% siswa telah menunjukkan hasil belajar di atas KKM. Peningkatan memuaskan terjadi pada siklus 3  yang menunjukkan data 80% siswa telah menunjukkan hasil belajar di atas KKM. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran yang Problem Based Learning yang diterapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SD Negeri 2 Gambiranom.


Keywords


Problem Based Learning,hasil belajar

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Agung, A.A. Gede. 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Fakultas Ilmu Pendidikan.

Ahmadi, Abu 1991. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta. Ali, Mohhamad. 2009. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung : PT Imperial Bhakti Utama.

Amir, M. Taufiq. 2009. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Nurhadi, 2004. Pembelajaran Kontekstual (Contextual teaching and Learning/CTL). Malang:Universitas Malang.

Poerwadarminta, W.J.S. 1984. Kamus Umum Bahasa Indonesia. PN Balai Pustaka.

Riedesel, C. A..Scchwart, J.E., dan Clement, D.H. 1996. Teaching Elementry School mathematic. Boston: Allyn and Bacon.


Article Metrics

Abstract view : 47 times | PDF view : 8 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Anis Kristanti Anis Kristanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License