PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 129 ABBANUANGE

Andi Nuryana Andi Nuryana(1*),

(1) SD Negeri 129 Abbanuange
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i1.28828

Abstract


Masalah penelitian ini adalah hasil belajar IPA di kelas IV SD Negeri 129 Abbanuange Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar IPA kelas IV SD Negeri 129 Abbanuange Kecamatan Lilirilau Kabupaten Soppeng. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelasanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Fokus penelitian ini yaitu model Pembelajaran Problem Based Learning dan hasil belajar siswa. Setting penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri 129 Abbanuange. Subjek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SD Negeri 129 Abbanuange tahun ajaran 2020/2021 berjumlah 13 orang. Data diperoleh melalui, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada peningkatan yang berarti, baik pada proses pembelajaran maupun evaluasi berupa pemberian tes formatif siklus I dan II yang diberikan pada akhir setiap tindakan siklus. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada hasil tes setiap akhir siklus. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan model Pembelajaran Probelem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA Siswakelas IV SDN 129 Abbanuange. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas belajar siswa dan aktivitas mengajar guru serta hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan setiap siklus, yaitu pada siklus I berada pada kategori cukup(C) dan pada siklus II berada pada kategori baik(B)

Keywords


Model Pembelajaran problem based (PBL), dan Hasil Belajar IPA peserta didik

Full Text:

PDF

References


Amir, Taufiq, M. 2013. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Kencana Prenada Media Group: Jakarta.

Ribkahwati dkk. Ilmu Kealaman Dasar. Yogyakarta: graha ilmu.

Slameto. 2011. Sertifikasi Guru Bahan Ajar . Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Sudjana, Nana. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya..

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kharisma Putra Utama.

Suarni, D. A. K. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ips. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(3), 206.

https://doi.org/10.23887/jisd.v1i3.11997


Article Metrics

Abstract view : 72 times | PDF view : 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Andi Nuryana Andi Nuryana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License