PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) SISWA KELAS VI SDN 025 RAPPANG
(1) SDN 025 RAPPANG
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i1.28826
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya hasil belajar siswa dan minat belajar siswa yang masih kurang, sehingga menyebabkan ketuntasan belajar siswa tidak mampu mencapai nilai ketuntasan yang sudah diterapkan di sekolah. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas guna untuk perbaikan proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas VI SDN 025 Rappang melalu model problem based learning. Adapun langkah-langkah dari Problem based learning (PBL) adalah orientasi siswa terhadap masalah, mengorganisasikan siswa untuk belajar, membimbing penyelidikan individu maupun kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Teknik pengambilan data dari penelitian ini adalah menggunakan observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh positif signifikan penerapan model problem based learning terhadap hasil belajar IPA. Hal ini dibuktikan dari hasil tes pada PPL siklus 2. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI SDN 025 Rappang Kab. Polewali Mandar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aly dan Rahma. 2010. Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta. Bumi Aksara
Aqib, Zainal, dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. YRAMA WIDYA
Arends, Richard. 2008. Learning to Teach: Belajar untuk Mengajar (Penerjemah: Helly Prayitno Soetjipto dan Sri Mulyantini Soetjipto). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, Supardi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: PT Bumi Aksara
Kemendiknas. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum
Rusmono. 2012. Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu Perlu. Jakarta: Ghaila Indonesia.
Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Sugiyanto. 2008. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: PLPG
Article Metrics
Abstract view : 225 times | PDF view : 112 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Kurniah Kurniah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar
e mail: [email protected]
Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License