PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PROBLEM BASIC LEARNING PADA KELAS 1 SDN NUNU

Asmini T(1*), Hamzah Pagarra(2), Abdul Rahim(3),

(1) SD Negeri Nunu
(2) PGSD Universitas Negeri Makassar
(3) SDN Impres Maccini Sombala
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i1.28814

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan Model pembelajaran Problem Basic Learning dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas 1 SD Negeri Nunu . Adapun jenis penelitian ini  adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas 1 SD Negeri Nunu pada semester ganjil 2021/2022 yang berjumlah 28 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Data yang dikumpul dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif kuantitatif dan diperoleh hasil belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar Bahasa Indonesia  siswa pada siklus I sebesar 59.82 dan nilai terendah 37,5 selanjutnya pada siklus II diperoleh nilai rata-rata hasil belajar Bahasa Indonesia siswa sebesar 78.57 dan nilai terendah 56,25. Ketuntasan hasil belajar secara klasikal pada siklus I yaitu 60,71% dan pada siklus II terjadi peningkatan yakni 82 %. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran Problem Basic Learning dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa SDN Nunu.

Full Text:

PDF

References


Kemendikbud. 2018. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi tahun 2018 Jakarta :Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi.

Mustamilah. 2015. Peningkatan Keterampilan Proses Dan Hasil Belajar Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Subtema Merawat Tubuhku Siswa Kelas 1 Sd Negeri 1 Gosono – Wonosegoro. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/18

N K Pebry Yusita1, N W Rati,. DKK. 2021Model Problem Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia

Shofiyah, Noly. Dan Wulandari, Fitria Eka. 2018. Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Melatih Scientific Reasoning Siswa https://journal.unesa.ac.id/index.php/jppipa/article/view/3150/1984

Mulyati, Yeti. 2017. Kosakata siswa sekolah dasar kelas rendah (kajian Jenis kata, bentuk kata, jenis makna, dan medan makna) http://journal2.um.ac.id/index.php/jbs/article/view/681/423

Dina,Maria. 2020. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Metode Gallery Walk Pada Siswa Kelas V Pht 1 Sd Negeri 2 Sinjai. Https://Ojs.Unm.Ac.Id/Tpj/Article/View/7-12

Kusniyah, Lailatul. 2015. Integrasi Muatan Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran Tematik Kelas I MI Roudlotut Tholibin Banjarejo Rejotangan http://repository.um.ac.id/142681/

Admin Padamu . 2016. Pentingnya pembelajaran bahasa Indonesia. https://www.padamu.net/pentingnya-pembelajaran-bahasa-indonesia

Sofyan , Fuaddilah Ali. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Ketrampilan Berbicara Pada Bidang Studi Bahasa Indonesia Kelas V Tahun Pelajaran 2015/2016. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/3435/9/executive%20summary.pdf

Kusuma, Yanti Yandri. 2021. Peningkatan Hasil Belajar SIswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. https://www.researchgate.net/publication/348701229_Peningkatan_Hasil_Belajar_SIswa_dengan_Menggunakan_Model_Pembelajaran_Problem_Based_Learning_di_Sekolah_Dasar

Ulum, Bakhrul Ulum. 2013. Keberhasilan Belajar Siswa. http://blogeulum.blogspot.com/2013/02/keberhasilan-belajar-siswa_24.html


Article Metrics

Abstract view : 1294 times | PDF view : 369 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Asmini T, Hamzah Pagarra, Abdul Rahim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License