PENINGKATAN HASIL BELAJAR PERUBAHAN BENTUK ENERGI KELAS IV MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING

Nuraisya Prihatini(1*),

(1) SD Negeri 1 Temanggung II
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i1.28726

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan pada peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Temanggung II, Kabupaten Temanggung dengan jumlah peserta didik yaitu 15 orang. Penelitian ini dilaksanakan dengan latar belakang rendahnya hasil pembelajaran perubahan bentuk energi dengan rata-rata nilai 67,00 atau 53% dari kriteria ketuntasan minimum. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi perubahan bentuk energi melalui model pembelajaran problem based learning. Model pembelajaran problem based learning dilaksanakan dengan langkah orientasi pada masalah, mengorganisasikan peserta didik untuk belajar,  membimbing penyelidikan, menyajikan hasil karya dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan soal evaluasi. Penelitian ini dilakukan selama 2 siklus. Hasil analisis data menunjukkan kemampuan perbaikan hasil belajar perubahan bentuk energi berdasarkan nilai pada soal evaluasi peserta didik yang terus meningkat. Hasil belajar peserta didik pada siklus pertama diperoleh rata-rata nilai 76,07 atau 73% mencapai kriteria ketuntasan minimum. Pada siklus kedua mengalami peningkatan menjadi 86% dengan rata-rata nilai 81,33. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran perubahan bentuk energi.

Keywords


Perubahan bentuk energi, hasil belajar, Problem based learning

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsika, I Made Budi dkk. 2016. Buku Pedoman Problem Based Learning (PBL). E-book Universitas Udayana: Denpasar.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran Perannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Fatkhan. 2018. Pengertian dan Langkah-langkah Model Problem Based Learning. https://fatkhan.web.id/pengertian-dan-langkah-langkah-model-problem-based-learning/. Diakses pada 26 Desember 2021 pukul 10:26.

Fauzani, Umi Azizah. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas V SD Negeri 8 Wonogiri. Jurnal Ilmiah.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Rahmadani. 2019. Metode Penerapan Pembelajaran Problem Based Learning. Lantanida Journal, 12(1):75-86.

Sardiman, A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pres.


Article Metrics

Abstract view : 884 times | PDF view : 245 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nuraisya Prihatini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License