PENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING
(1) SD Negeri Ciawi
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i1.28715
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil observasi pada siswa kelas V SD Negeri Ciawi Kecamatan Banjarharjo Kabupaten Brebes dalam pembelajaran Tematik. Dari 15 siswa baru 7 siswa atau sekitar 46,67% yang mencapai kriteria ketuntasan minimal. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Ciawi Kecamatan Banjarharjo Kabupaten Brebes. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah problem based learning (PBL). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Berdasarkan penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa model pembelajaran problem based learning (PBL) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Ciawi Kecamatan Banjarharjo Kabupaten Brebes. Pada siklus pertama 7 dari 15 anak atau 46,67% siswa mencapai KKM. Pada siklus kedua 13 dari 15 anak atau 86,67% siswa mencapai KKM.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Kemendikbud. (2014). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Pusat Pengembangan Profesi Pendidik Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjamin Mutu Pendidikan: Jakarta. Kencana.
Nur. M. 2011. Model Pembelajaran Masalah. Surabaya: Pusat Sain dan Matematika Sekolah UNISA.
Susanto. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS. Jakarta: Prenadamedia Group.
Nuraeni. (2016). Model Problem Based Learning (PBL). Bandung : Universitas Pasundan.
Rusman. (2011). Model- Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Rusmono. (2014). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu Perlu Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Bogor: Ghalia Indonesia.
Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.
Article Metrics
Abstract view : 68 times | PDF view : 20 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Carsinah Carsinah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar
e mail: jurnalpinisi01@gmail.com
Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License