PENERAPAN MODEL PBL DENGAN TEKHNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKn

Neng Rina Fitriani(1*),

(1) SD Negeri Kramat 1
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i1.28712

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang dikombinasikan dengan Tekhnik Role Playing  dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Muatan Pelajaran PPKn dengan materi Hak dan Kewajiban. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Kramat 1 Kota Magelang, pada semester ganjil 2021/2022 yang berjumlah 30 Siswa.  Tekhnik Role Playing  merupakan tekhnik dalam pembelajaran yang bisa dimanfaatkan oleh guru untuk variasi dalam aktivitas belajar di kelas.Tekhnik Role Playing mempunyai tujuan, salah satunya adalah agar siswa bisa meningkatkan daya kreatifitas dan imajinasinya. Tekhnik  ini bisa menjadi variasi yang bagus karena pada implementasinya akan menuntut siswa untuk berekspresi, baik dari segi pikiran maupun perasaan. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terbagi menjadi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis data  terlihat peningkatan hasil belajar dari pra penelitian 20%, kemudian menjadi 50% pada siklus 1, dan mencapai 90% pada siklus 2. sehingga  dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Basic Learning (PBL) dengan Tekhnik Role Playing  dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD N Kramat 1 kota Magelang.


Keywords


Model Pembelajaran Problem Based Learning, Hasil belajar, Tekhnik Role Playing

Full Text:

PDF

References


- Dr. Pujiriyanto, M.Pd dalam Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21. Modul PPG 2021.

- Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: AR-RUZZ Media

- Kementrian Pendidikan dan kebudayaan,Model Pembelajaran Berbasis Masalah,(Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.

- Simulation and Role-play in Edwards School of Business – University of Saskatchewan

https://id.wikipedia.org/wiki/Permainan_bermain_peran


Article Metrics

Abstract view : 1280 times | PDF view : 358 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Neng Rina Fitriani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License