PENERAPAN MODEL PBL DENGAN TEKHNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKn
(1) SD Negeri Kramat 1
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i1.28712
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang dikombinasikan dengan Tekhnik Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Muatan Pelajaran PPKn dengan materi Hak dan Kewajiban. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Kramat 1 Kota Magelang, pada semester ganjil 2021/2022 yang berjumlah 30 Siswa. Tekhnik Role Playing merupakan tekhnik dalam pembelajaran yang bisa dimanfaatkan oleh guru untuk variasi dalam aktivitas belajar di kelas.Tekhnik Role Playing mempunyai tujuan, salah satunya adalah agar siswa bisa meningkatkan daya kreatifitas dan imajinasinya. Tekhnik ini bisa menjadi variasi yang bagus karena pada implementasinya akan menuntut siswa untuk berekspresi, baik dari segi pikiran maupun perasaan. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Tiap siklus terbagi menjadi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis data terlihat peningkatan hasil belajar dari pra penelitian 20%, kemudian menjadi 50% pada siklus 1, dan mencapai 90% pada siklus 2. sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Basic Learning (PBL) dengan Tekhnik Role Playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD N Kramat 1 kota Magelang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
- Dr. Pujiriyanto, M.Pd dalam Peran Guru Dalam Pembelajaran Abad 21. Modul PPG 2021.
- Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: AR-RUZZ Media
- Kementrian Pendidikan dan kebudayaan,Model Pembelajaran Berbasis Masalah,(Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.
- Simulation and Role-play in Edwards School of Business – University of Saskatchewan
https://id.wikipedia.org/wiki/Permainan_bermain_peran
Article Metrics
Abstract view : 1280 times | PDF view : 358 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Neng Rina Fitriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar
e mail: [email protected]
Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License