Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas III SD Negeri Baddoka

S. Risma Purnamayanti Assagaf(1*),

(1) UPT SPF SDN Baddoka Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i1.28708

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas III SD Negeri Baddoka Kota Makassar melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri Baddoka yang berjumlah 10 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu ceramah, tanya jawab, diskusi dan penugasan, sedangkan pendekatan yang digunakan adalah saintifik dan TPACK. Model pembelajaran Problem Based Learning adalah model pembelajaran yang berusaha menerapkan masalah yang terjadi di dunia nyata. Dengan ini siswa dilatih untuk berpikir kritis serta menemukan solusi. Adapun dalam Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan observasi selama proses pembelajaran berlangsung. Dari tes akhir siklus I dan tes akhir siklus II, didapatkan hasil belajar pada siklus I yakni ketuntasan belajar sebesar 60% dari KKM yang telah ditentukan pada bidang studi Matematika sebesar 70. Pada akhir siklus II ketuntasan belajar siswa mencapai 90%, atau telah mencapai nilai KKM. Ketuntatasan belajar siswa dari siklus I sebesar 60% naik 30% pada siklus II yakni mencapai 90% ketuntasan belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada kelas III SD Negeri Baddoka Kota Makassar.

Keywords


Model, Pembelajaran, Problem Based Learning, Hasil belajar Matematika

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Eismawati, Eka. 2019. Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran problem based learning (PBL) siswa kelas 4 SD. http://ejurnal.mercubuana-yogya.ac.id/index.php/mercumatika/article/view/694/510 . 6 Desember 2021.

Hadist Awalia Fauzia. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. https://primary.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP/article/view/5338/5006. 4 Desember 2021

Hendra. 2021. Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III, IV dan V Sekolah Dasar. https://ummaspul.e-journal.id . 4 Desember 2021

Karwono, Achmad Irfan Muzni. 2020. Strategi Pembelajaran Dalam Profesi Keguruan. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Karwono, Heni Mularsih. 2018. Belajar dan Pembelajaran Serta Pemanfaatan Sumber Belajar. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Sani, Ridwan Abdullah. 2019. Strategi Belajar Mengajar. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Sofyan, Herminarto et al. 2017. Problem Based Learning dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: UNY Press

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wahab, Rohmalina. 2020. Psikologi Belajar. Depok: PT Raja Grafindo Persada.


Article Metrics

Abstract view : 208 times | PDF view : 59 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 S. Risma Purnamayanti Assagaf

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License