PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA SDN 3 LANCIRANG DI KECAMATAN DUA PITUE KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG
(1) Sdn 3 Lancirang
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i1.28703
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pelaksanaan penerapan model pembelajaran problem based learning dalam meningkatkan hasil belajar ipa siswa kelas IV SD Negeri 3 Lancirang Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 3 lancirang tahun ajaran 2020/2021 berjumlah 12 orang. Metode serta pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Tanya jawab ,demontrsai, dan penugasan sedangkan pendekatan yaitu pendekatan saintifik sesuai amanat kurikulum 2013 (meliputi aktivitas mengamati ,menanya ,mengumpulkan informasi /mencoba ,mengasosiasikan /mengolah informasi dan menkomunikasikan ) dan TPACK. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Dari data yang terkumpul hasil yang diperoleh siswa mengalami peningkatan. Rata-rata hasil belajar IPA siswa yaitu pada siklus I sebesar 54,16 menjadi 83,33 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas IV SDN 3 Lancirang.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 40 times | PDF view : 10 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 suriyani suriyani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar
e mail: [email protected]
Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License