PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI SISWA KELAS V SDN PAHAMPA

Ramlan Mahmud(1*), Abdul Muhaemin Hasbullah(2),

(1) STKIP YPUP Makassar
(2) SDN Pahampa
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i1.28694

Abstract


Pembelajaran di SDN Pahampa khususnya kelas V  siswa cenderung bersifat pasif, seperti mencatat, diam dan mendengarkan, sehingga hasil prestasi belajar masih kurang dari Standar Ketuntasan Belajar Minimal. Hal ini disebabkan karena rendahnya sikap percaya diri para siswa dalam pembelajaran. Maka dari itu perlu inovasi pembelajaran dengan menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam menyajikan materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan sikap percaya diri siswa kelas V SDN Pahampa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learningn (PBL). Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus dilaksanakan melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Pahampa . Data penelitian ini diperoleh melalui observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan persentase sikap percaya diri siswa pada siklus I dan siklus II. Nilai pencapaian sikap percaya diri dalam 3 aspek indikator penilaian pada pra siklus yaitu pada aspek keyakinan akan kemampuan 20%, Aspek kemandirian 20 %, keberanian dalam bertindak 30 % dan rata-ratanya mencapai 23% atau hanya 2 siswa yang memiliki sikap percaya diri, siklus I aspek keyakinan akan kemampuan menjadi 51%, aspek kemandirian 48 % dan aspek keberanian dalam bertindak menjadi 47% dengan rata-rata 48 % atau sekitar 5 siswa menjadi percaya diri. pada siklus II I aspek keyakinan akan kemampuan menjadi 80%, aspek kemandirian 80 % dan aspek keberanian dalam bertindak menjadi 90% dengan rata-rata 83 % atau sekitar 9 siswa menjadi percaya diri dari keseluruhan 11 siswa. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Pembelajaran Pbroblem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan sikap percaya diri siswa


            

Keywords


Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Sikap Percaya Diri

Full Text:

PDF

References


_____,2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Guru Pembelajar.

Al-Uqshari, Yusuf. 2005. PercayaDiriPasti !.Jakarta :GemaInsani

Arikunto, S, dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Farida, Nur Ida. 2014. Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Remaja Putri yang Mengalami Pubertas Awal Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Role Playing di Kelas VII SMP Negeri 13 Semarang. Skripsi. Semarang: UNNES

Hanafiah, Nurlaili Fitroh. 2012. Pengaruh pelatihan Berpikir Positif dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Kelas X MAN Malang. Skrpsi. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim.

Hendra, Surya. 2007. Percaya Diri Itu Penting.: Peran Orang Tua dalam Menumnuhkan Percaya Diri Anak. Jakarta : Alex Media Komputindo.

Hulukati, Wenni. 2016. Pengembangan Diri Siswa SMA. Gorontalo: Ideas Publishing

Riyanto, Yatim. 2012. Paradigma Baru Pembelajaran: sebagai Referensi bagi Guru/Pendidik Dalam Implemetasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung : Raja Grafindo Group.

Sanjaya, Wina. 2009. PenelitianTindakanKelas. Jakarta: Kencana.

Sudjana, Nana. 2002. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Suhardita, Kadek. 2011. Evektivitas Penggunaan Teknik Permainan Dalam Kelompok Untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa, edisi khusus no. 1 (online), http://www.academia.edu/download/34032170/ehtrj.pdf, (diakses 12 Mei 2018)

Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung :Remaja Rosdakarya.

Suyadi. 2015. PanduanPenelitianTindakanKelas. Yogyakarta: Diva Press.

Syaifullah. 2010. Tips BisaPercayaDiri. Jogjakarta: Gerailmu.

Undang-Undang Republkik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta :PT. Armas Duta Jaya

Zain.A.Dkk.2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta


Article Metrics

Abstract view : 393 times | PDF view : 27 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 abdul muhaimin hasbullah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License