PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR KELAS VI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL)

Dahniar Dahniar(1*),

(1) SDN 55 CIBOLLO Kec. Kindang Bulukumba
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i1.28691

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran problem based learning di kelas VI SDN 55 Cibollo selama praktek pengenalan lapangan (PPL) melalui pembelajaran Luring. Jenis penelitian ini penelitian tindakan kelas menggunakan model spiral, yang dilakukan dalam 3 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI sebanyak 12 peserta didik yang terdiri dari 5 peserta didik laki-laki dan 7 peserta didik perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik non tes, kemudian dilakukan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif dari data yang diperoleh. Penerapan model problem based learning menunjukan hasil di antaranya dapat meningkatkan aktivitas peserta didik kelas VI SDN 55 Cibollo  terutama tema 1 selama pembelajaran Luring. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I terjadi peningkatan aktvitas peserta didik sebesar 90.16. Ini berarti bahwa hanya 1 peserta didik (3.3) memiliki tingkat aktivitas kurang. 6 peserta didik (60%) memiliki kategori cukup, 3 peserta didik (26.7%) aktif, dan 2 peserta didik (10%) sangat aktif. Pada siklus III rata-rata aktivitas peserta didik meningkat menjadi 118.57. Artinya sebanyak 9 peserta didik (36.7%) sangat aktif, 2 peserta didik (60%) kriteria aktif, dan hanya 1 peserta didik (3.3%) dalam kriteria cukup aktif. Dengan demikian melalui penerapan model pembelajaran problem based learning selama pembelajaran daring terbukti dapat meningkatkan motivasi peserta didik kelas VI SDN 55 Cibollo  pada pelajaran 2021/2022.


Keywords


Aktivitas Belajar, PBL

Full Text:

PDF

References


Alwafi Ridho Subarkah. 2018. “No Title空間像再生型立体映像の 研究動向.” Nhk技研 151 (2): 10–17. Chanifah, Miftichatun, Stefanus Christian Relmasira, And Agustina Tyas Asri Hardini. 2019. “UpayaMeningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas V Sd.” Jurnal Basicedu 3 (1): 163–68. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V3i1.96.

Sudjana. N, dan Rivai. A (1989). Media Pengajaran, Bandung : CV. Sinar Baru Bandung.

Sujana, A. (2014). Dasar-dasar IPA: Konsep dan Aplikasinya. Bandung: UPI Press.

Sukmadinata, NS. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT. Remaja Rosda Karya.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa, 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia Ed.3 Jakarta : Balai Pustaka

Umar, A. 2008. Penelitian Tindakan Kelas : Pengantar ke Dalam Pemahaman Konsep dan Aplikasi. Makassar : Badan Penerbit UNM.

Dayeni, Fitri, Sri Irawati, And Yennita Yennita. 2017. “Upaya Meningkatkan MotVasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning.” Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi 1 (1): 28–35. Https://Doi.Org/10.33369/Diklabio.1.1.28-35.

Dhita Fitriani, Nurwidodo, Elok Catur Wilujeng. 2019. “Jurnal Basicedu.” Jurnal Basicedu 3 (1): 208–13. Frianto, Okta, Stefanus C Relmasira, And Agustina Tyas Asri Hardini. 2018. “Meningkatkan Kemampuan

Pemecahan Masalah Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Media Realia Pada Siswa Kelas V Sd.” International Journal Of Elementary Education 2 (4): 348. Https://Doi.Org/10.23887/Ijee.V2i4.16115.


Article Metrics

Abstract view : 160 times | PDF view : 25 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dahniar Dahniar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License