PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN PADA SISWA

Siska Ernawati(1*),

(1) SD NEGERI JATILOR
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i1.28686

Abstract


Abstrak. Penelitian ini didasari oleh masih rendahnya hasil belajar Tema 3 Makanan Sehat peserta didik kelas V SD Negeri Jatilor, pembelajaran yang masih  didominasi dengan metode ceramah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media video pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar Tema 3 Makanan Sehat kelas V SD Negeri Jatilor?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Tema 3 Makanan Sehat melalui model pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Video Pembelajaran  Pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri Jatilor. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Jatilor dengan jumlah 24 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas menggunakan desain 2 siklus dimana terdapat satu kali pertemuan kegiatan pembelajaran pada tiap siklusnya. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian yang ditetapkan untuk hasil belajar siswa adalah 70 untuk skala penilaian 1-100 sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik meningkat dari 58, 00 menjadi 80, 00. Berdasarkan hasil di atas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan video pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar Tema 3 Makanan Sehat pada peserta didik kelas V di SD Negeri Jatilor.

Keywords


hasil belajar, problem based learning.

Full Text:

PDF

References


Permendiknas 2009 No. 22, Kompetensi Dasar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Sekolah Dasar Kelas I-V.

Rinajayani . 2013.”Penggunaan media video untuk meningkatkan pemahaman konsep Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Kelas IV A SD Bantul Timur Bantul Tahun Pelajaran 2012/2013”. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Surakhmad, Winarno. 1999. Metode Pengajaran Nasional. Bandung: Jemmars.

Syafi’udin.2002.Model Pembelajaran Problem Based Learning . Jakarta: Rineksa Cipta.

Usman, Moh. Uzer. 2001. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya

Wiriaatmaja,Rochiati. 2010, Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zakky. 2020. “Pengertian Media Pembelajaran Menurut Para Ahli dan Secara Umum”.https://www.zonareferensi.com/pengertian-mediapembelajaran/#:~: text=Menurut%20National%20Education%20Association%20(NEA,maupun%20audio%20visual%20beserta%20peralatannya. Diakses pada 15 November 2021 jam 18:45.


Article Metrics

Abstract view : 221 times | PDF view : 68 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Siska Ernawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License