PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN TPACK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWA
(1) SD Negeri 2 Kedungrejo
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i1.28684
Abstract
Abstrak. Latar belakang penelitian ini adalah hasil belajar siswa masih rendah dibawah KKM pada tema 3 makanan sehat subtema 1 kelas V SD Negeri 2 Kedungrejo Kecamata Purwodadi Grobogan. Dari 30 peserta didik hanya 13 peserta didik yang mencapai KKM sedangkan 17 peserta didik belum mencapai KKM. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan TPACK pada peserta didik . Metode yang digunakan dalam penelitian ini ada 2 siklus yang digunakan. Prasiklus merupakan tahap pertama untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik. Siklus 1 dan Siklus II menggunakan penerapan Model Problem Based Learning berabantuan TPACK. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian yang ditetapkan untuk hasil belajar siswa adalah 65 untuk skala penilaian 1-100 sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang semula 57% meningkat menjadi 93 %. Berdasarkan hasil di atas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan TPACK berpengaruh terhadap hasil belajar Tema 3 Makanan Sehat sub tema 1 pada siswa kelas V di SD Negeri 2 Kedungrejo Kecamata Purwodadi Grobogan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amanaturrakhmah, Kardoyo,& Achmad R. (2017). Manajemen Pembelajaran Tematik di Kelas Tinggi SD Percontohan Kabupaten Indramayu. Journal of Primary Education, 6 (2) ,159-165.
Creswell, J. 2008. Educational Research: Quantitative & Qualitative. Upper
Saddle River, New Jersey: Pearson International Edition.
Daryanto, dan Mulyo Rahardjo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.
Saeful, Pupul. 2009. Penelitian Kualitatif. Equilibrium. Vol. 5. No. 9. Halaman 2-6.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta:
Ar-ruzz Media.
Shulman, L. 1986. Those who understand: Knowledge growth in teaching. Educational
Researcher, 15 (2), 4–14.
Shulman, L. 1987. Knowledge and teaching: Foundations of the new reform. Harvard
Educational Review, 57 (1), 1–22.
Suharsimi, Suhardjono dan Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT
Bumi Aksara.
Suyadi, 2012, Panduan Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta : Diva Press. Trianto.
(2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Article Metrics
Abstract view : 68 times | PDF view : 27 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 kusnul chotimah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar
e mail: [email protected]
Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License