PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PBL PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 48 MANUJU
(1) SD NEGERI 48 MANUJU
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i1.28680
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa Kelas II SD Negeri 48 Manuju Kabupaten Takalar. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas II SD Negeri 48 Manuju Kabupaten Takalar yang berjumlah 10 orang . Metode serta pendekatan yang digunakan dalam penenelitian ini yaitu metode ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan sedangkan pendekatan yaitu pendekatan saintifik Adapun dalam Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dari akhir siklus I dan tes akhir siklus II serta dengan menggunakan lembar observasi. Hasil belajar pada siklus II terdapat 80% peserta didik mencapai nilai KKM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model Problem Based Learning adalah model yang memfokuskan siswa dalam menemukan masalah pada kehidupan sehari-hari dan membantu siswa untuk dapat berfikir kritis serta menemukan ide – ide kreatif yang menjadi solusi pada setiap masalah, baik penemuan jawabannya individu maupun dalam bentuk diskusi kelompok. Berdasarkan beberapa data dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Kelas II Sd Negeri 48 Manuju Kabupaten Takalar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Indarwati, D., Wahyudi, W., & Ratu, N. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Penerapan Problem Based Learning untuk Siswa Kelas V SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 30(1), 17-27. Diakses di http://ejournal.uksw.edu/satyawidya/article/view/107
Kemendikbud. (2014). Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Meinisa Albi. (2019). Peningkatan hasil belajar matematika melalui model problem based learning berbantu media puzzle di sekolah dasar.
Ngalimun. (2014). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja
Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Ryana Nadhira, (2021), Pahami Model Problem-Based Learning (PBL) untuk tingkatkan kemampuan anak.
Slameto. (2015). Metodologi Penelitian dan Inovasi Pendidikan. Salatiga: Satya Wacana University Press.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Invotif-Progresif. Jakarta: Prenada Media Group
Article Metrics
Abstract view : 206 times | PDF view : 56 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Mardianah Diana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Publisher:
Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar
e mail: [email protected]
Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License