PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PBL PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 48 MANUJU

Mardianah Diana(1*),

(1) SD NEGERI 48 MANUJU
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i1.28680

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan  model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa Kelas II SD Negeri 48 Manuju Kabupaten Takalar. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas II SD Negeri 48 Manuju Kabupaten Takalar yang berjumlah 10 orang . Metode serta pendekatan yang digunakan dalam penenelitian ini yaitu metode ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan sedangkan pendekatan yaitu pendekatan  saintifik Adapun dalam Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar  dari akhir siklus I dan tes akhir siklus II serta dengan menggunakan lembar observasi. Hasil belajar pada siklus II terdapat 80% peserta didik mencapai nilai KKM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model Problem Based Learning adalah model yang memfokuskan  siswa dalam menemukan masalah pada kehidupan sehari-hari dan membantu siswa untuk dapat  berfikir kritis serta menemukan ide – ide kreatif yang menjadi solusi pada setiap masalah, baik penemuan jawabannya individu maupun dalam bentuk diskusi kelompok. Berdasarkan beberapa data dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran  Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Kelas II Sd Negeri 48 Manuju Kabupaten Takalar.

 


Keywords


Model Pembelajaran Problem Based Learning, Hasil Belajar Matematik

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Indarwati, D., Wahyudi, W., & Ratu, N. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Penerapan Problem Based Learning untuk Siswa Kelas V SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 30(1), 17-27. Diakses di http://ejournal.uksw.edu/satyawidya/article/view/107

Kemendikbud. (2014). Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Meinisa Albi. (2019). Peningkatan hasil belajar matematika melalui model problem based learning berbantu media puzzle di sekolah dasar.

Ngalimun. (2014). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Ryana Nadhira, (2021), Pahami Model Problem-Based Learning (PBL) untuk tingkatkan kemampuan anak.

Slameto. (2015). Metodologi Penelitian dan Inovasi Pendidikan. Salatiga: Satya Wacana University Press.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Invotif-Progresif. Jakarta: Prenada Media Group


Article Metrics

Abstract view : 206 times | PDF view : 56 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Mardianah Diana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License