Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar

Novia Rizqiana(1*),

(1) SD Negeri Pegajahan I Cirebon
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i1.28672

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri Pegajahan I  Kecamatan Pekalipan Kota Cirebon pada muatan materi rangkaian listrik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar  pada materi tersebut dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri Pegajahan I  Kecamatan Pekalipan Kota Cirebon dengan jumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari 2 (dua) siklus dimana terdapat satu kali pertemuan kegiatan pembelajaran pada tiap siklusnya. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian yang ditetapkan untuk hasil belajar siswa adalah 70 untuk skala penilaian 1-100 sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik tema 3 Tokoh dan Penemuan sub tema 2 dengan muatan materi menyusun rangkaian listrik secara paralel keaktifan siswa meningkat berdasarkan data observasi yang diperoleh dari observer. Kemudian hasil belajar siswa yang menjadi fokus utama dalam penelitian ini juga mengalami peningkatan tiap siklusnya. Rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus hanya mencapai 52,63. Setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning pada siklus I rata-rata nilai 67,89 hasil belajar siswa meningkat menjadi 63,15% dan pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh siswa menjadi 77,37 meningkat menjadi 89,47%. Berdasarkan hasil di atas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VI di SD Negeri Pegajahan I Kecamatan Pekalipan Kota Cirebon tahun pelajaran 2021/2022.

Keywords


PBL

Full Text:

PDF

References


Afifah, Lutfi. Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Dalam Pembelajaran Tematik Kelas IV SD Negeri 2 Ponjen Kecamatan Karanganyar Kabupaten Purbalingga. Skripsi Sarjana pada : IAIN Purwokerto.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsismi, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Arsyad. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Depdiknas. 2004. Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2007. SKKD Tingkat SD/MI. Jakarta: Depdiknas.

Fauzia, Hadist Awalia. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Jurnal pada : Universitas Kristen Satya Wacana : Tidak diterbitkan

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Thobroni, Mohammad. 2011. Belajar dan Pembelajaran Jogjakarta: Ar-Ruzzmed.

Wiriatmadja, Rochiati (2005) Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rosda Karya


Article Metrics

Abstract view : 122 times | PDF view : 39 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Novia Rizqiana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License