PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN SUDIRMAN II MAKASSAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MENGGUNAKAN MODEL PBL

jumriah lukman(1*),

(1) UPT SPF SD NEGERI SUDIRMAN II MAKASSAR
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i1.28671

Abstract


Sesuai dengan kurikulum 2013, Sekolah Dasar menggunakan pendekatan pembelajaran tematik, yaitu semua mata pelajaran terintegrasi ke dalam tema-tema tertentu, termasuk Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Untuk mencapai tujuan pembelajaran, sekolah menggunakan berbagai bentuk model pembelajaran. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran tematik terpadu terutama materi keberagaman dan hemat energi bagi siswa kelas V SDN Sudirman II, Kota Makassar. Subjek penelitian adalah guru dan 27 orang peserta didik. Jenis penelitian adalah tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Pada siklus I, diperoleh rata-rata predikat baik, kemudian meningkat pada siklus II menjadi sangat baik. Pelaksanaan aktivitas guru di siklus I memperoleh rata-rata dengan predikat cukup, dan meningkat pada siklus II menjadi sangat baik. Pelaksanaan aktivitas siswa pada siklus I memperoleh rata-rata dengan predikat cukup dan meningkat pada siklus II menjadi sangat baik. Hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh rata-rata predikat cukup dan meningkat pada siklus II menjadi sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di Sekolah Dasar.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Faisal, F., Gandamana, A., & Andayani, T. (2018). Penguatan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran Tematik Sebagai Upaya Optimalisasi Kurikulum 2013 Di Sd Kecamatan Deli Tua Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 24(1), 544. https://doi.org/10.24114/jpkm.v24i1.8947

Febrita, I., & Harni, H. (2020). Penerapan Pendekatan Problem Based Learning dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1425–1436.

Jumanta, H. (2016). Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Kemendikbud. (2014). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Khoiru, Ahmad Iif dan Amri, S. (2014). Pengembangan dan Model Pembelajaran Tematik Integratif. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Marsali, A. (2016). No Title Peningkatan Pembelajaran Tematik Terpadu Dengan

Menggunakan Model Problem Based Learning Di Kelas IV Sekolah Dasar. E- Journal Pembelajaran Inovasi, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(1).

Moeis, I., Indrawadi, J., Anggraini, R., & Fatmariza, F. (2018). Generating Value within Learning Activity: Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 251(Acec), 333–336.


Article Metrics

Abstract view : 65 times | PDF view : 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 jumriah lukman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License