PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING

Megawati Mega(1*),

(1) SDN 29 Marana
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i1.28659

Abstract


Permasalahan dari penelitian ini adalah rendahnya tingkat keaktifan dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas II SDN 29 Marana Kecamatan Lau Kab.Maros melalui Model pembelajaran Problem Based Learning. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas II SDN 29 Marana sebanyak 31 (tiga puluh satu) siswa, terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Prosedur penelitian ini menggunakan design Kemmis & MC. Taggart yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan observasi dan tes evaluasi.  Hasil observasi keaktifan dan hasil belajar siswa siklus I masih berada pada kategori cukup, sedangkan pada hasil observasi siklus II mengalami peningkatan dan berada pada kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model Problem Based Learning pada siklus I dan II terdapat peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa . Dengan demikian hasil ini menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas II SDN 29 Marana


Keywords


Problem Based Learning, keaktifan dan hasil belajar

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 54 times | PDF view : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Megawati Mega

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: [email protected]


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License