PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENGGUANAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA KELAS V UPT SPF SDN AROEPPALA MAKASSAR

Mukhtar Abu Khonsa(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/tpj.v3i1.28653

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa melalui penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian ini adalah 36 orang siswa kelas V UPT SPF SDN Aroeppala Kota Makassar. Pelaksanaan penelitian ini terdiri atas dua siklus dan data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) bertujuan untuk lebih mengaktifkan siswa sehingga pembelajaran berpusat pada siswa dan guru berindak sebagai fasilitator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V UPT SPF SDN Aroeppala Kota Makassar. Peningkatan tersebut ditunjukkan oleh hasil penelitian dari siklus I ke siklus II, yaitu, (1) aktivitas siswa menunjukkan peningkatan yakni terjadinya peningkatan di setiap item indikator aktivitas belajar dan rata-rata keseluruhan item indikator aktivitas belajar rata-rata ≥ 65%. (2) rata-rata nilai hasil belajar siswa meningkat dari 65,00 menjadi 75,78 dan peningkatan persentase siswa yang tuntas dari 55,6 % menjadi 77,8%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V UPT SPF SDN Aroeppala Kota Makassar.


Keywords


Model Pembelajaran, Problem Based Learning, PBL, hasil belajar, aktivitas.

Full Text:

PDF

References


Ahmad. 2010. Aktivitas Belajar. 20 Juli, 2011 http://www.definisionline.com/2011/06/ pengertian-aktivitas-belajar.html.

Ali, M. 2010. Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algensido.

Andriani, Melly. 2009. Strategi Pembelajaran Think Talk Write. 25 Juli, 2011. http://www.mtsd.k12.wi.us/MTSD/District/elacurriculum03/writing/think_talk_write.html.

Arends, R. 2008. Learning to Teach Belajar untuk Mengajar Edisi Ketujuh. (Terjemahan oleh Helly Prajitno Soetjipto & Sri Mulyantini Soetjipto). Pustaka Pelajar. Yogyakarta.

Arikunto, S. 2001. Prosedur Penelitian. Rineka Cipta. Jakarta.

Arikunto, S. 2005. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.

Arya. 2011. Cara Mengukur Hasil Belajar. http://belajarpsikologi.corn/cara-mengulcur-prestasi-belajar/. Diakses pada tanggal 20 Juli 2011.

Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta.

Djamarah, Syaiful, B., & Azwan, Z. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta.

Hamalik, 0. 2001. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta.

Hamalik, 0. 2003. Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta.

Hamalik, 0. 2008. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bumi Aksara. Jakarta.

Kuswari, U. 2011. Think Talk Write. 7 Desember, 2011. http://file.upi.edu/Direktori/FPBS/JUR._PEND.BAHASA_DAERAH/195901191986011USEP_KUSWARI/MODELPEMBELAJARAN_ MENULIS_DENGAN_TEKNIK_THIK. pdf.

Lie, A. 2008. Cooperative Learning. (Terjemahan oleh Diane Novita). Gramedia Widiasarana Indonesia. Jakarta.

Nafiah, Y. N. (2014). Penerapan Model Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1), 125–145.

Nasution. 2006. Kurikulum dan Pengajaran. Bumi Aksara. Jakarta.

Rahayu, S. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Siswa (Studi pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Pada SDN Gugus II Raflesia Talang Empat Kabupaten Bengkulu Tengah). Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 7(2), 98–110.

Rosyada, D. 2004. Paradigma Pendidikan Demokratis. Prenada Media. Jakarta.

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Edisi kelima Cetakan Pertama.

Sanjaya, W. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Kencana. Jakarta.

Santyasa, W. 2007. Metodologi Penelitian Tindakan Kelas. 20 April, 2011. http://www.freewebs.com/santyasa/pdf2/Penelitian_Tindakan_Kelas.pdf.

Sardinian. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar. Mengajar. Rajawali Pers. Jakarta.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta. Jakarta.

Slavin, R. 2008. Cooperative Learning. (Terjemahan oleh Nurulita Yusron). Nusa Media. Bandung.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Prestasi Pustaka. Jakarta.

Ormrod, J. Psikologi Pendidikan Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. Erlangga. Jakarta.

Wulandari, D. (2013). Pengaruh Problem-Based Learning Terhadap Hasil Belajar ditinjau dari Motivasi Belajar PLC di SMK. Urnal Pendidikan Vokasi, 3(2).

Winataputra, U.S dan Tita, R. 1994. Perencanaan Pengajaran. Penerbit Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam dan Universitas Terbuka. Jakarta.


Article Metrics

Abstract view : 56 times | PDF view : 12 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Mukhtar Abu Khonsa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Publisher:

Program Studi PPG Universitas Negeri Makassar

e mail: jurnalpinisi01@gmail.com


 Pinisi: Journal of Teacher Professional Indexed by:


Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License